Baswalu Maluku Putuskan KPU Hitung Ulang Dukungan Pasangan Hebat

Ambon-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memerintahkan KPU Provinsi Maluku melakukan perhitungan ulang dukungan suara pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Maluku 2018 yang maju melalui jalur perseorangan yakni Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath atau yang dikenal dengan jargon “HEBAT”.

Hal itu diputuskan dalam sidang sengketa pilkada dipimpin Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely dengan dua komisionernya, yakni Paulus Titaley dan Astuty, Sabtu (16/12) sore, menghadirkan tim pasangan “HEBAT” sebagai pemohon dan KPU Maluku termohon.

Komisioner  Bawaslu dalam putusan yang dibacakan Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Abdullah Elly menyatakan, memutuskan pertama menerima gugatan permohonan pemohon untuk sebagian,  dua membatalkan berita acara hasil ferivikasi pemenuhan jumlah minimal dan sebaran dukungan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 dengan No. 467/BA/81/Prov/XI/2017 tertanggal 27 Nov 2017.

Bawaslu dalam putusanya juga meminta KPU Maluku untuk melakukan penghitungan ulang terhadap seluruh jumlah dukungan dan sebaran yang diajukan kepada termohon, serta memberikan kesempatan dan waktu kepada pemohon untuk melakukan perbaikan dokumen dukungan yang sebagian telah diserahkan kepada termohon pada tanggal 26 November 2017pukul 21:30 WIT.

Sementara itu, bakal  calon wakil gubernur Abdullah Vanath usai mengikuti sidang sambil terenyum menyatakan rasa syukur dan mengucapkan Selamat Natal buat Umat Kristen di Maluku.

Sidang putusan gugatan pasangan HEBAT terhadap KPU berjalan aman dan lancar.

Seperti diketahui sidang sengketa Pilkada yang bergulir di Bawaslu Maluku karena tim pasangan HEBAT tidak menerima hasil ferivikasi yang dilakukan KPU terhadap persyaratan dukungan yang diajukan  pasangan HEBAT. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *