BMKG Peringatkan Cuaca Hujan dan Tinggi Gelombang Perairan Maluku Hingga 4 Meter

Ambon-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon memperingatkan masyarakat di pulau Ambon maupun Kepulauan Lease, Pulau Seram dan Banda Kabupaten Maluku Tengah, Buru, Kepulauan Kei dan Aru untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG Stasiun Pattimura Ambon, memprediksikan curah hujan kemungkinan masih akan terjadi selama tiga hari kedepan hingga 30 Juni besok.

Adanya sirkuladi siklonik di wilayah Papua Barat berdampak  terbentuknya pelemhan kecepatan angin laut  Banda dan Belokan angin di di wilayah Maluku bagian Uatara. Sedangkan kondisi Sinoptik  angin umumnya  bertiup dari arah timur –Tenggara dengan kecepatan tertinggi 30 knot (60km/jam). kelembaban udara lapisan atas  wilayah  Maluku menunjukan keadaan yang relatif basah yaitu berkisar antara  80% hingga 100 %.

Suhu permukaan laut  satu minggu terkahir menunjukan  keadaan yang menghangat yaitu berada pada kisaran 23.-30 Celcius pada wilayah perairan Maluku, sedangkan kelembaban udara berkisar anatara 75-100 %. Kondisi ini berdampak terhadap pertumbuhan awan-awan  hujan di Wilayah Maluku yang aktif.

Kondisi cuaca itu pun mempengaruhi tinggi gelombang laut di Maluku yang mencapai hingga 2,5 meter di laut Banda, Pulau Buru, perairan Selatan Kepulauan Tanimbar, kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) maupun Kepulauan Babar, Kepulauan Aru, Kepulauan Leti Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),

Laut Arafura Bagian Barat  dan Tengah tinggi Gelombang diperkirakaan 2,5 hingga 4 meter

BMKG juga mengingatkan warga yang mendiami kawasan bukit dan penggunungan mewaspadai bahaya longsor yang dapat terjadi sewaktu-waktu akibat hujan.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *