Delapan Gudep Madrasah Ikut Lomba Lintas Alam dan Ajang Kreatif Pramuka III 2017

Ambon-Lomba Lintas Alam dan Ajang Kreatif Pramuka III 2017 yang diikuti delapan Gugus Depan (Gudep) Madrasah resmi digelar di bumi perkemahan Madrasah Aliyah Al Mabrur di Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon.

Kegiatan yang bertujuan membetuk budi pekerti dan kreatifitas siswa ini diikuti sebanyak 200 peserta.

Lomba Lintas Alam yang dibarengi ajang kreatifitas diantaranya parade, semafor, pionerring dan cerdas cermat antar Gudep, Sabtu, (28/10) pagi, dibuka Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Hanafi Rumatiga.

Menurut Rumatiga , pelaksanaan lomba lintas alam dan ajang kreatifitas yang bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, hendaknya dijadikan sebagai momentum meningkatkan rasa nasionalis serta rasa kebhinekaan diantara sesama anak bangsa.

Lomba ini juga merupakan salah satu implementasi program Kurikulum 2013 sebagai langkah pengembangan pembelajaran extrakurikuler pramuka dalam bidang studi bela negara, sekaligus sebagai persiapan jelang pelaksanaan Jambore Nasional terutama Pekan Jambore Nasional yang akan berlangsung di Medan Sumatera Utara, 2019 mendatang

Menurutnya pendidikan kepramukaan penting dilaksanakan secara kontinyu karena berimplikasi pada proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup.

Kepala Madarsah Aliyah Al Mabrur, Sabarudin menjelaskan, pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan di Bumi perkemahan Pramuka Al Mabrur merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah.

Ia menjelaskan lomba lintas alam mengambil rute kawasan Poka Rumah tiga, sedangkan untuk lomba kreatifitas akan diperlombakan sejumlah mata lomba diantaranya parade, semafor, pionering dan cerdas cermat antar sekolah peserta.

Sabarudin berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan sehingga para peserta nantinya bisa menjadi gugus terdepan di Kota Ambon dan pembina generasi selanjutnya serta bisa mengikuti Pekan Jambore maupun  Jambore Tingkat Nasional. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *