Dishub Ambon Mulai Sosialisasi Parkir Elektronik

Dishub Ambon Mulai Sosialisasi Parkir Elektronik

Ambon – Dinas Perhubungan (Dishub) kota Ambon mulai melakukan sosialisasi penerapan parkir elekronik di sejumlah ruas jalan di kota Ambon.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Piet Saimima, dalam waktu dekat akan diterapkan parkir elektronik yang dimulai di sejumlah ruas jalan yakni Jalan Pala, Jalan Coklat dan Jalan Kopi.

Sosialisasi dilakukan bagi pengguna kendaraan roda dua agar saat penerapan parkir elektronik, masyarakat bisa mematuhi peraturan yang ditetapkan.

Saimima mengatakan, parkir elektronik bukan lagi hal baru, karena di sejumlah pusat perbelanjaan juga telah diterapkan. Namun sosialisasi tetap harus dilakukan, mengingat ruas jalan tersebut bukan kawasan perbelanjaan resmi

Dishub Kota Ambon saat ini sedang melakukan pemasangan portal masuk dan keluar di parkiran elektronik. Harga parkir juga tidak berbeda dengan parkir pada umumnya yakni Rp. 2.000 bagi kendaraan roda dua.

Ke depan, masyarakat yang akan beraktifitas di kawasan Jalan Sam Ratulangi atau AY Patty, dapat memarkir kendaraan pada ruas Jalan Pala dan sekitarnya. Pengawasan keluar masuk kendaraan di kawasan parkir elektronik tersebut akan diawasi petugas, sehingga masyarakat tidak perlu takut kehilangan.

Penggunaan parkir elektronik juga dinilai lebih efektif karena tidak membutuhkan banyak juru parkir. Keluar masuknya kendaraan juga akan diawasi petugas dan CCTV yang terpasang di sejumlah titik ruas jalan tersebut.

Pihaknya berharap, masyarakat berpartisipasi dengan memarkrkan kendaraan di parkiran elektronik, karena upaya ini tidak menyebabkan kemacetan di ruas jalan tertentu, bahkan semua kendaraan roda dua dapat melakukan aktifitas parkir secara baik.

Jika seluruh kendaraan tertata dengan baik, Ambon akan lebih indah, tertib dan nyaman terutama di kawasan parkir.

Ia menambahkan, pemberlakuan parkir elektronik di kawasan yang sebelumnya ditempati oleh pedagang batu bacan dan kios akan ditata sehingga lebih tertib

Setelah difungsikan diharapkan tidak ada kendaraan roda dua yang diparkir di jalan AY Patty maupun di Jalan Sam Ratulangi, jika kedapatan ada kendaraan yang parkir akan ditindak tegas.(DMS-Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *