Disperindag Provinsi Maluku Akan Melakukan Pemantauan Harga Pasar

Ambon-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Frans Papilaya mengatakan harga kebutuhan pokok di Kota Ambon dan beberapa kabupaten jelang  bulan puasa tetap stabil.

Menurut Papilaya, pihaknya akan melakukan pemantauan harga di pasar dua kali dalam sehari, pagi dan sore, hal ini untuk memastikan para pedagang tidak memainkan harga jelang bulan puasa maupun jelang hari raya idul fitri.

Papilaya memastikan, tidak ada pergerakan harga pokok saat ini karena stok yang tersedia di para distributor masih cukup banyak hingga beberapa bulan kedepan.

selain pemantauan Disperindag Maluku juga akan melakukan oprasi pasar di semua pasar di Kota Ambon termasuk swalayan dan supermarket. Khusus untuk oprasi di Swayalan dan supermarket untuk memastikan tidak ada barang kadaluarsa yang dijual.

Papilaya menegaskan, jika kedapatan ada pedagang yang menaikan harga maka akan di beri peringatan sedangkan untuk distributor termasuk pihak swalayan dan supermarket yang nakal akan diberi teguran hingga sanksi pencabutan izin usaha.

Ia menambahkan, untuk membantu masyarakat kota Ambon mendapatkan harga murah jelang bulan puasa, Disperindag Maluku menggelar kegiatan pasar murah berlangsung selama tiga hari yakni 16 hingga 19 Mey 2017.

Seluruh kebutuhan pokok masyarakat yang dijual pada pasar murah, harganya jauh dibawah  harga distributor,maupun yang dijual di pasar sehingga masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik.

Selain telur dan gula pasir, pasar murah itu juga menyediakan mentega Blue Band dengan harga 5.000/sachet, tepung terigu Kompas Rp7.500/kg, minyak goreng Bimoli Rp11.000/liter), susu cap Nona Rp8.500/kaleng, dan beras operasi pasar Bulog Maluku asal Thailand Rp47.000/sak (5 kg).

Barang-barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah itu dipasok oleh sejumlah distributor di Kota Ambon.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *