Instensitas Hujan Cukup Tinggi BPBD Maluku Koordinasikan Kesiapsiagaan Bencana

Ambon-Saat ini Provinsi Maluku pada umumnya sudah mulai memasuki musim penghujan. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pattimura Laha, memprakirakan pada bulan Juni hingga akhir Agustus 2017 terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi.

Sehingga patut diwaspadai curah hujan tinggi dalam waktu singkat, angin kencang, dan petir yang berpotensi menimbulkan bencana banjir maupun longsor di berbagai daerah, tak terkecuali di Maluku

Untuk menyikapi hal tersebut perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi sehubungan adanya beberapa ancaman bencana di sejumlah wilayah di Maluku . Seperti halnya bencana banjir, tanah longsor, yang merupakan kelompok bencana hidrometeorologi pada musim penghujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinis Maluku,  Farida Salampessy mengatakan,  ancaman bencana yang mungkin bisa terjadi di wilayah Maluku pada musim penghujan ini.

Dengan demikian secara dini semua pihak harus melakukan langkah-langkah antisipasi. Termasuk apabila benar-benar terjadi bencana, resikonya bisa ditekan seminimal mungkin.

Oleh karenanya diharapkan dapat mengevaluasi kekuatan daerah dalam menghadapi bencana, baik dalam hal kekuatan personil, peralatan/alat-alat rescue maupun evakuasi, sistem komunikasi serta logistik.

Kesiapan pemerintah tidak akan ada artinya bila tidak ada kesiapan dari masyarakat sendiri. Ia mengakui sejumlah program dan simulasi kebencanaan yang sudah dilakukan melibatkan tujuanya untuk menguatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Untuk dapat menumbuhkan masyarakat yang tangguh menghadapi bencana diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat saling bersinergi, sehingga pengurangan resiko bencana dapat ditekan hingga zero accident.DMS

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *