KIBAR SBT Akan Laporkan Panwaslu SBT Ke Polda Maluku

Ambon-LSM Koalisi  Bersama Rakyat (KIBAR) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kembali akan melaporkan dugaan pemalsuan dokumen Negara yaitu keterangan Pengadilan oleh, Panwaslu kabupaten SBT.

Ketua DPC LSM KIBAR Kabupaten SBT, M. Saleh Kafara, menegaskan pihaknya akan segera menyampaikan laporan resmi ke pihak Polda Maluku, atas dugaan pemalsuan dokumen negera yaitu surat keterangan Pengadilan oleh Panwaslu Kabupaten SBT, dalam tahapan seleksi Panwascam yang telah dilakukan pada Oktober lalu di kabupaten SBT.

Menurutnya berdasarkan data yang dimiliki LSM KIBAR, ditemukan ada beberapa calon yang mengikuti seleksi Panwacam di dua kecamatan  pada kabupaten SBT, tidak memiliki surat keterangan Pengadilan sesuai aturan yang ada, namun dinyatakan lolos mulai dari  tahap ferifikasi berkas, test tertulis hingga test wawancara.

Oleh karena itu dirinya selaku ketua LSM KIBAR kabupaten SBT, akan segera membuat laporan pengaduan resmi ke Polda Maluku untuk dapat ditindaklanjuti, karena diduga pihak Panwaslu kabupaten SBT, dengan sengaja meloloskan orang yang tidak memiliki keterangan resmi dari pengadilan, saat seleksi calon anggota Panwacab kecamatan dilaksnakan.

Menurut Kafara, surat keterangan pengadilan semestinya sudah dimasukan terlebih dulu di tahapan verifikasi berkas para calon. Namun hal itu baru dilakukan Setelah tahapan tes tertulis maupun wawancara, dan itu dinilai telah menyalahi aturan dan ketentuan.

Sebelumnya LSM KIBAR, juga telah melaporkan persoalan ini ke Bawaslu provinsi Maluku dan telah ditindak lanjuti dengan digelarnya sidang oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yang menghadirkan pihak Panwaslu kabupaten SBT, LSM  KIBAR, dan Bawaslu provinsi Maluku. namun belum dikeluarkan hasil putusan dari sidang tersebut.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *