Kodam XVI Pattimura Terus Sosialisakan Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Ambon-Dewasa ini negara maju sering menjalankan teori hegemoni dengan memunculkan kekuatan dunia (hegemoni) unipolar, bi polar diantara mereka memanfaatkan kultur modern global untuk mempertahankan hegemoni mereka dengan menyebarkan nilai global seperti, demokratisasi, Hak Asasi Manusia, Globalisasi dan Pasar Global, Keterbukaan/transparansi dan pluralisme.

Padahal Pancasila adalah tradisi & kearifan lokal sudah lama mengajarkan HAM; Keterbukaan; Demokrasi dan Pluralisme; bahkan ditambah Ketuahan Yang Maha Esa, yang ingin diganti dengan model nilai kultur global hegemoni yang sarat dengan kepentingan untuk menguasai negara lain melalui nilai global.

Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai rongrongan terutama rongrongan dari dalam yang ingin memecah-belah bangsa, maka Persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI Pattimura,  Kolone. Arm Sarkistan Sihaloho mengatakan Kodam XVI Pattimura akan terus menyosialisasikan pentingnya menjaga keutuhan NKRI kepada seluruh lapisan masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

Menurutnya empat Pilar kebangsaan merupakan harga mati oleh karena itu pentingnya menjaga keutuhan bangsa ditengah pengaruh globalisasi saat ini.

Ia mengatakan saat ini Indoensia sedang diuji dengan berbagai persoalan, tidak saja terorisme, tetapi juga potensi radikalisme serta ancaman seperti narkoba serta informasi yang sifatnya hoax untuk memproganda masyarakat.

Ia menambahkan berbagai potensi yang ingin merongrong keutuhan NKRI harus dipatahkan dengan Panca sila dan Bhineka Tunggal Ika, dimana Ketuhanan Yang Maha Esa adalah milik semua Agama di Indoensia  tanpa mempertentangkan perbedaan antar agama, bahasa ataupun suku dengan Bhineka Tunggal Ika.

Menurutnya perbedaan tidak boleh dijadikan perpecahan tetapi dengan perpedaan dapat menjadikan Indonesia menjadi lebih beragam budaya, besar, kuat dan bersatu.

Melihat banyaknya ancaman maka Sihaloho mengajak generasi muda di Maluku bersatu mengamalkan dan menegakkan nilai nilai luhur Pancasila untuk mewujudkan Indonesia sebagai NKRI dan Bangsa Pemenang, yang berdaya saing memasuki era Globalisasi, disrupsi digital dan dunia Cyberspace tanpa batas ruang dan waktu.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *