LPDP Sosialisasi Beasiswa Dan Tandatangi MoU Bersama Pemerintah Provinsi Maluku

Ambon-Lembaga Penyumbang Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan RI, melakukan sosialisasi Beasiswa Indonesia Timur (BIT) tepatnya di Kota Ambon sekaligus penandatandatanganan MoU antara LPDP dengan pemerintah provinsi Maluku sebagai bentuk kerjasama dan keinginan bersama guna meningkatkan SDM di Maluku.

Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo, saat sosialisasi beasiswa LPDP di kota Ambon mengatakan BIT dalah program beasiswa afirmasi program magister dan doktoral di Perguruan Tinggi  (PT) luar negeri terbaik  di Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan yang khusus diberikan untuk penduduk asli dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Dijelaskannya beasiswa ini bertujuan untuk menyiapkan SDM unggul untuk mendorong kemajuan perekonomian dan kemaritiman di provinsi sasaran yaitu Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Sasaran penerima BIT adalah penduduk asli provinsi sasaran yang mempunyai kemampuan akademik, berjiwa kepemimpinan, bersedia untuk kembali ke provinsi asal setelah studi dan memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan studi program magister atau doktoral sesuai dengan kebutuhan masing-masing provinsi sasaran.

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa dan dosen dalam mengurus beasiswa yang dikelola LPDP. Beasiswa LPDP, menurutnya, dapat dinikmati oleh masyarakat yang berdomisili di daerah terluar dan tertinggal di Indonesia untuk melanjutkan studi di dalam dan luar negeri.

Beasiswa LPDP memprioritaskan mahasiswa dari kawasan Indonesia Timur.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidkan dan kebudayaan Provinsi Maluku Shaleh Thio mengatakan pemerintah provinsi Maluku menyambut baik sosialisasi dan MoU yang dilaksanakan oleh LPDP. Selaku kepala dinas dirinya berharap generasi muda di Maluku dapat memanfaatkan beasiswa ini untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan nantinya kembali mengabdikan ilmu yang didapatkannya bagi kemajuan daerah Maluku.

Shaleh Thio lebih lanjut mengatakan, Maluku adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, oleh karena itu dibutuhkan SDM yang handal sehingga dapat mengelola sumber daya alam yang tersedia dengan baik. Kesempatan yang diberikan ini diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh LPDP.

Pendidikan menjadi salah satu aspek penting untuk melihat kualitas suatu bangsa. Dengan alasan itu LPDP hadir untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua anak bangsa untuk mendapatkan pendidikan hingga keluar negeri.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *