Mendagri Optimis Perpu Ormas Dikabulkan Jadi UU

Jakarta – Komisi II DPR kembali menggelar rapat untuk membahas Perppu No 2 Tahun 2017 tentang Ormas apakah akan diterima atau ditolak oleh DPR. Mendagri Tjahjo Kumolo optimis Perppu Ormas ini akan segera terselesaikan dengan dikabulkan menjadi undang-undang.

“Apapun namanya pemerintah dasarnya undang-undang pasti optimis. DPR saja optimis, masa kita nggak optimis,” kata Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Meski masih ada fraksi yang tidak setuju, Tjahjo menyebut perbedaan pandangan tersebut juga perlu dibahas. Karena menurutnya, persoalan ideologi tersebut seharusnya sudah final.

“Soal ada pandangan yang mempertanyakan pandangan urgensinya, saya kira semua sepakat ini harus kita bahas bersama karena pancasila, ideologi negara dan NKRI, itu bagian yang sudah final,” ujar Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, semua masyarakat Indonesia bebas berserikat namun kedaulatan tetap perlu dijaga. Imbauan tersebut bukan hanya bagi pemerintah, namun juga bagi semua ormas.

“Orang boleh berserikat, berhimpun, berormas tapi prinsip untuk menjaga kedaulatan ini harus menjadi bagian yang tak terpisahkan. Bukan hanya (untuk) pemerintah tapi juga ormas,” tuturnya. (DMS-detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *