Pemkot Komitmen Benahi Tata Ruang Kota Ambon

Ambon-Pemerintah Kota Ambon berkomitmen membenahi tata ruang untuk mengembalikan fungsi kota sebagai kawasan yang sejuk dan nyaman.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan,penataan tata ruang tidak saja pada kawasan kota agar semakin sejuk dan nyaman tetapi juga pembenahan kawasan perbukitan dan lereng.

Khusus untuk kawasan hijau kota, Pemkot akan melakukan penanaman pohon pelindung di sejumlah kawasan.

Menurut Louhenapessy Peraturan Daerah (Perda) No 3 Tahun 2014 tentang Tata Ruang akan menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan untuk membangun dan menata Kota Ambon lebih baik.

Berdasarkan analisis kondisi lahan dan kesesuaian lahan maka akan dikembangkan ruang kota secara selektif dengan memperhatikan fungsi kawasan.

Penataan tata ruang juga nantinya diikuti dengan memperketat pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di kawasan bukit dan lereng untuk meminimalisir bencana longsor.

Ia menjelaskan, kondisi geografis, topografi dan morfologi kota yang terbentuk diatas perbukitan, gunung dan dataran yang relatif sempit, perkembangan kota Ambon yang linier mengikuti garis pantai dan disesuaikan kemiringan yang standar, maka pengembangannya akan tetap dipertahankan.

Pengembangan ruang kota Ambon juga termasuk upaya pembangunan kawasan baru, revitalisasi kawasan terbangun, penataan ruang daratan dan wilayah perairan atau teluk, serta pengendalian kawasan menyesuaikan dengan fungsi kawasan.

Peningkatan kualitas lingkungan, kata Louhenapessy  juga menjadi kajian guna mengembangkan sikap dan perilaku konservasi yang mengutamakan kebersihan keindahan dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta peningkatan sistem regulasi terhadap masalah perizinan dan kesesuaian tata ruang.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *