PLN Iklankan Kelebihan Beban Daya Listrik Kepada Investor

Ambon-PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara akan mengiklankan kelebihan daya listrik kepada para investor yang ingin berinfestasi di Ambon.

Manejer PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Joko Dwijatno mengakui, PLN saat ini  mengalami kelebihan daya listrik dengan beroperasinya kapal pembangkit listrik di Negeri Waai, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah yang menghasilkan daya listrik sebesar 110 MW.

Menurutnya daya listrik terpakai di Pulau kota Ambon saat ini hanya 53 MW dengan demikian masih tersisa 50% kapasitas daya yang belum terpakai dari 110 MW tersebut.

Oleh karena itu dalam waktu dekat, PLN akan mengiklankan kelebihan daya tersebut sebagai  peluang untuk investasi di Ambon karena kapasitasnya sudah melebihi kebutuhan pelanggan.

Sementara  itu Ketua komisi B DPRD Maluku Everth Kermithe meminta PLN berkomitmen untuk melistriki sejumlah desa yang hingga kini belum menikmati aliran listrik padahal pekerjaan pemasangan jaringan telah rampung.

PLN juga diminta melakukan evaluasi atas kinerja petugas PLN di masing-masing ranting yang tidak menjanlankan tugasnya dengan baik, terutama petugas pencatatan meter pelanggan. Hal ini penting, sehingga pelanggan tidak dirugikan karena seringkali pelanggan membayar biaya pemakaian melampaui daya pakai.

Sementara itu Djoko Dwijatno memastikan, tahun 2018 sebanyak 197 Desa di Maluku akan teraliri listrik, upaya ini dilakukan untuk menyukseskan program nawacita Presiden Joko Widodo yakni Indonesia Terang tahun 2020.

Berdasarkan data, Maluku dan Papua adalah wilayah yang paling tertinggal dalam hal elektrifikasi. Di Maluku, kondisinya sedikit lebih baik. Rasio elektrifikasi sudah 77% atau hanya 23% wilayah Maluku yang belum terjangkau jaringan listrik.DMS

Pembangunan Solar Home System di 40 Desa Diperkirakan Rampung Oktober Mendatang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *