Polres Pulau Ambon Musnahkan 7.400 Liter Miras Jenis Sopi

Polres Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease kembali memusnahkan, sebanyak 7.400 liter minuman keras tradisional, jenis sopi. Pemusnahan dilakukan dengan cara dituangkan diselokan depan Mapolres setempat pada, Kamis (14/12) siang.

Ribuan liter miras ini merupakan hasil razia aparat kepolisian sejak tanggal 4 hingga 13 Desember. Miras berbagai kemasan, seperti jeringen, botol air mineral tersebut didatangkan dari Wilayah Tenggara jauh dan Pulau Seram melalui jalur laut ke  Kota Ambon.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Sutrisno Hady mengatakan, pemusnahan ini merupakan langkah antisipasi tindak kriminal oleh aparat kepolisian, yang sebagian besar dipicu minuman keras.

Dasar pelaksanaan pemusnahan ini, kata Sutrisno Hadi, mengacu pada pasal 7 ayat 1 huruf c, pasal 38, pasal 39, pasal 45 ayat 4 KUH Pidana, UU No 2 Tahun2002 tentang kepolisian RI, Kepres No 03 tahun 1997 tentang pengawasan dan penendalian minuman beralkohol, Perda Provoinsi Maluku No 16 tahun 2008 tentang pengawasan, pengedalian dan peredaran minuman beralkohol di wilayah Maluku.

Pemusnahan ini bertujuan untuk menciptakan kondisi kota Ambon yang kondusif terutama memberikan rasa nyaman kepada umat kristiani yang merayakan Natal.

Menurut Sutrisno Hadi Polres Pulau Ambon intens melakukan razia miras, karena miras ini adalah sumber dari segala sumber masalah yang terjadi di Ambon.

Ia mengakui, cukup banyak kasus-kasus kriminal seperti pemalakan, penganiayaan, kekerasan bersama, bentrok antarpemuda dari kampung berbeda hingga kasus kejahatan seksual dipicu oleh pengaruh miras, dimana para pelakunya mengkonsumsi sopi yang berlebihan.

Ia menjelaskan, pihaknya telah mendata lokasi-lokasi tertentu penghasil miras tradisional di Pulau Ambon, belum lagi yang dibawa masyarakat dari daerah lain seperti Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara hingga berbagai pulau di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Miras tersebut lanjut Kapolres, biasanya dikemas dalam berbagai wadah seperti jerigan, plastik es ukuran besar dan panjangnya hingga lebih dari dua meter.

Razia miras oleh aparat kepolisian akan terus dilakukan. Hal ini sekaligus menciptakan situasi keamanan kota Ambon, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Total miras yang dimusnahkan saat ini 7.400 liter jika dirupiahkan nilainya mencapai Rp180 juta, jumlahnya ini cukup banyak dibandingkan bulan sebelumnya, sehingga kami akan terus melakukan operasi cipta kondisi.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *