PPLD-LIPI Ambon Temukan Potensi Wisata Tersembunyi Di Laut Kefing SBT

Ambon-Hasil penelitian yang dilakukan oleh Peneliti Pusat Penelitian Laut Dalam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPLD-LIPI), di beberapa lokasi di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), ditemukan banyak potensi kekayaan alam laut.

Kepala Lembaga Peneliti  Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI Ambon Augy Sihaylatua, usai menyerahkan hasil penelitian yang dilakukan selama beberapa pekan diperairan laut SBT, menjelaskan pihaknya menemukan banyak potensi kekayaan Alam laut yang dimiliki oleh SBT dan belum dikelola maksimal.

LIPI dalam rekomendasi memberikan berbagai masukan kepada pemerintah daerah setempat guna pengembangan potensi kekayaan alam yang dimiliki untuk dapat dimanfaatkan demi kesejatraan masyarakat di masa yang akan datang.

Dalam rekomendasi tersebut salah satunya masyarakat diberi edukasi untuk tidak membuang sampah keluat, termasuk pemanfaatan karang laut secara berlebihan oleh masyarakat sekitar untuk pembangunan talut dan bangunan rumah.

Sementara itu Lucky Uyara selaku ketua Tim Peneliti mengatakan hasil penelitian LIPI akan menjadi masukan bagi pemerintah kabupaten SBT, untuk kedepannya memanfaatkan potensi kekayaan alam dilaut SBT untuk kemajuan daerah itu lebih baik

Sebelumnya tim peneliti dari PPLD- LIPI Ambon, melakukan presentasi hasil penelitian eksplorasi salah satunya potensi tersembunyi di daerah kefing dan sekitarnya.

Bupati SBT Mukti Keliobas memberikan apresiasi dan respons terhadap hasil penilitian PPLD-LIPIserta menyatakan kedepannya perlu dilakukan penelitian dan ekspolasi lanjutan dari hasil yang telah didapatkan.

Bupati mengatakan, dari hasil sementara yang telah dipaparkan oleh tim dari PPLD-LIPI, pemerintah kabupaten SBT, akan segera menindaklanjuti untuk pengembangan beberapa lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi wisata penyelaman dalam laut atau diving.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *