Presiden Macron: Pintu Uni Eropa Tetap Terbuka untuk Inggris

Presiden Perancis Emmanuel Macron, Selasa (13/6/2017) mengatakan, “pintu tetap terbuka” jika Inggris ingin tetap bergabung dengan Uni Eropa.

Hal ini disampaikan Macron meski PM Inggris Theresa May berulang kali mengatakan pembicaraan terkait Brexit akan dimulai pekan depan.

“Tentu saja pintu masih terbuka selama negosiasi Brexit belum berakhir,” ujar Macron dalam jumpa pers di Paris.

Radio DMS Menyajikan: Berita AmbonBerita MalukuMedia di AmbonMedia di Maluku

Namun, Macron menegaskan bahwa Inggris telah memutuskan untuk meninggalkan blok ekonomi beranggotakan 28 negara itu lewat referendum setahun lalu.

“Begitu proses ( Brexit) dimulai kami harus sama-sama memahami bahwa berbalik arah akan jauh lebih sulit,” kata Macron di Istana Elysee.

Sementara itu, PM May menekankan dia tetap memegang jadwal untuk memulai pembicaraan proses Brexit di Brussels pekan depan.

Pekan lalu, Partai Konservatif kehilangan kursi mayoritas di parlemen yang membuat sejumlah pengamat memprediksi hal tersebut bisa membuat PM May harus meninggalkan rencana yang disebutnya sebagai ” Brexit keras”.

“Ada tujuan yang sama di antara rakyat Inggris yaitu memilih untuk keluar dari Uni Eropa sehingga pemerintah harus melakukannya dan menyukseskan hal tersebut,” May menegaskan.

Setelah membicarakan masalah-masalah berat, Macron dan May kemudian sama-sama menyaksikan pertandingan sepak bola persahabatan antara Perancis dan Inggris.

Radio DMS Menyajikan: Berita AmbonBerita MalukuMedia di AmbonMedia di Maluku

Para pendukung Perancis nampak menyambut kedatangan PM May dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Inggris “God Save the Queen”.

Situasi itu seolah menegaskan bahwa Inggris dan Perancis akan tetap bekerja sama meski Brexit tetap berlangsung.

Satu hal yang mungkin disayangkan hari itu, terutama bagi Inggris, adalah kekalahan timnasnya 2-3 dari Perancis.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *