Tahun 2018 Pemerintah Pusat Kucurkan Rp.61 Milar Untuk Pembangunan Asrama Haji Waiheru

Ambon-Untuk mendukung Ambon sebagai salah satu embarkasi antara, Pemerintah Provinsi Maluku terus mengupayakan penyelesaian Asrama Haji yang terletak di desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon. Percepatan pembangunan Asrama Haji tersebut untuk meringankan kesulitan dan penderitaan calon jemaah dari pulau ke pulau.

Usulan agar menjadikan Ambon sebagai embarkasi antara, direspons Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang mendukung sepenuhnya kehendak dari masyarakat, khususnya umat Muslim di Maluku agar ada embarkasi haji antara di Ambon.

Keberadaan embarkasi haji antara di Maluku tidak hanya akan memudahkan calon jemaah haji, tapi juga meningkatkan efisiensi, karena akan mengurangi beban biaya yang tidak perlu. Namun demikian, hal itu tergantung bagaimana Kanwil Kemenag dan Pemprov Maluku dapat memenuhi segala persyaratan yang ada.

Kepala Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis mengatakan  renovasi asrama Haji Waiheru sedang dilakukan. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama tahun 2018 akan mengucurkan anggaran sebesar Rp.61 miliar untuk merampungkan pembangunan asrama haji tersebut.

Dengan menjadikan Ambon sebagai embarkasi haji antara, maka proses check in jemaah haji sudah bisa dilakukan di Ambon sehingga jemaah tidak perlu lagi menginap di embarkasi haji Makassar.

Menurutnya, Ini akan memudahkan masyarakat Maluku karena selama ini calon jemaah dari 11 kabupaten atau kota di wilayah 1000 pulau ini harus lebih dulu menginap di Ambon sebelum terbang ke Makassar. Di Makassar, calon jemaah haji kembali bermalam beberapa hari sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Insert Kepala Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis

Dengan dijadikanya Ambon sebagai embarkasi antara mempermudah calon jemaah haji asal Papua, Papua Barat, Maluku Utara dan Maluku, sudah bisa langsung terbang ke tanah suci tetapi terlebih dahulu transit di Batam untuk mengisi bahan bakar.

Saat ini sudah ada lima embarkasi haji antara, yaitu: Embarkasi Bengkulu yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Padang (PDG), Embarkasi Jambi yang berangkat ke Arab Saudi melalui Batam (BTH), Embarkasi Lampung yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Jakarta (JKG).

Selain itu, ada juga Embarkasi Palangkaraya yang berangkat ke Arab Saudi melalui Banjarmasin (BDJ), dan Embarkasi Gorontalo yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Makassar.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *