Tropi Adipura Diarak Keliling Kota Ambon

Ambon-Kota Ambon kembali meraih penghargaan Tropi Adipura untuk yang ketiga kali secara berturut. Penyerahan Tropi Adipura dilakukan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, kepada Walikota Ambon Richards Louhenapessy pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup, di Kompleks Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Rabu (2/8).

Kamis (3/8), siang lambang supremasi bidang kebersihan lingkungan itu tiba di Ambon dan diarak mulai dari Bandara Pattimura Laha, melewati sejumlah wilayah hingga berakhir di kawasan Salobar yang dijadikan lokasi acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Disepanjang jalan yang dilewati, para siswa dari sejumlah sekolah mengibarkan bendera Merah Putih saat menyambut rombongan pembawa tropi Adipura yang diarak keliling ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Ratusan siswa berdiri berjajar di kiri kanan ruas jalan depan sekolah masing-masing sambil mengibarkan bendera saat rombongan arak-arakan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan lingkungan tersebut melewati mereka.

Warga juga terlihat bergerombol di jalan-jalan yang dilewati serta melambaikan tangan kepada rombongan Wali Kota Ambon Richards Louhenapessy, bersama para kepala Dinas serta puluhan buru sampah dan penyapu jalan tersebut.

Di beberapa wilayah yang dilewati, warga antuasias menyambut Tropi Adipura dengan beragam cara. Ada yang menggunakan kain gandong, paduan terompet dan hadrat bahkan ada pula warga  yang meminta Walikota Richards Louhenapessy dan petinggi pemkot turun dari kendaraan dinas untuk berjalan kaki bersama warga sejauh beberapa ratus meter.

Warga juga rebutan bersalaman dengan Walikota sebagai bentuk apresisi atas keberhasilan Pemerintah Kota Ambon maraih kembali penghargaan Adipura tahun 2017.

Suasana Kota Ambon, Kamis petang tampak semarak dan dihiasi baliho dan spanduk berbagai ukuran berisi ucapan selamat atas penerimaan tropy bergengsi di bidang lingkungan tersebut.

Guna mengantisipasi kemacetan, puluhan personil Polisi Lalu Lintas dibantu satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dikerahkan ke sejumlah ruas jalan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak macet.

Penghargaan Adipura merupakan penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada kabupaten/kota yang dinilai telah berhasil mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Walikota Ambon Richrads Louhenapssy mengakui keberhasilan kota Ambon meraih Tropi Adipura, tidak terlepas dari sumbangsih dan kerja keras para pejuang kebersihan yang bekerja tidak mengenal lelah pagi siang dan malam.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pejuang kebersihan, pemerintah kota Ambon memfasilitasi keberangkatan para pejuang kebersihan ini ke Jakarta, untuk menyaksikan penyerahan Tropi Adipura dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya , pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup, di Kompleks Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Rabu (2/8).

Tahun 2017 selain penghargaan Adipura, penghargaan lain diraih kota Ambon yakni Adiwiyata Mandiri oleh SMU Negeri 4 Lateri Ambon. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan ciri memiliki sekolah yang bersih, teduh, dan efisien dalam penggunaan kertas, air, dan list

Tropi Adipura tahun 2017 merupakan penghargaan pertama setelah Wali Kota Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota.

Ambon pertama kali memperoleh Adipura pada tahun 1988, tetapi setelah itu gagal dan baru diperoleh kembali pada tahun 1991 hingga 1994.

Tahun 1995 Kota Ambon hanya mendapatkan sertifikat Adipura dan baru kembali meraih prestasi tertinggi di bidang lingkungan itu pada tahun 1996, setelah itu penghargaan tersebut tidak pernah diperoleh, terutama saat Ambon dilanda konflik sosial sejak 1999, hingga tahun 2012 Pemerintah Kota Ambon kembali dianugerahi sertifikat Adipura, tahun 2015 meraih tropi Adipura, 2016 Tropi Adipura Buana dan 2017 juga meraih Tropi Adipura.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *