Wakil Walikota Syarif Hadler Lepas 336 Calon Jemaah Haji Kota Ambon

Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, melepas 336 orang jemaah calon haji Kota Ambon tahun 1438 Hijriah.

Pelepasan ratusan jemaah calon haji tersebut dipusatkan di Gedung Asari Alfatah, Ambon, Senin (1/8).

Syarif Hadler  mengatakan, musim haji tahun ini merupakan momentum untuk merajut kembali ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan sebangsa, karena ibadah haji tidak hanya menjembatani hubungan vertikal dengan sang pencipta, tetapi juga untuk mempertegas komitmen hubungan horisontal.

Kepada para Jemaah calon haji, Syraif Hadler mengingatkan, ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik yang prima, karena itu, bagi jemaah calon haji yang berusia lanjut dan beresiko tinggi diharapkan dapat menjaga dan memelihara kesehatannya.

Ia juga berharap, semua jemaah calon haji asal Kota Ambon dapat memperoleh derajat haji mabrur sehingga sekembalinya mereka ke Kota Ambon, dapat menyebarluaskan kebaikan kepada semua warga kota sekaligus menjadi penyangga bagi penegakan amar ma’ruf dan pencegahan kemungkaran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Rusdy Latuconsina mengatakan, animo umat Islam untuk menunaikan ibadah haji dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan.

Tahun 2017 jumlah jemaah calon haji yang diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 336 orang, terdiri dari 131 laki-laki dan 208 perempuan.

Calon jemaah haji tertua berusia 86  tahun atas nama Kalarudin Bin Ahmad Dodiala sedangkan calon haji termuda berusia 24 tahun atas nama  Sri Malindah Putuhena.

Rombongan calon haji asal Kota Ambon yang berjumlah 336 orang akan ditambah lagi dengan calon haji asal Seram Bagian Barat (SBB) sebanyak 111 orang, masuk dalam kelompok terbang  (kloter) 13, melalui embarkasi Makassar.

Saat ini daftar tunggu pada kantor Kementerian Agama Kota Ambon telah mencapai angka 3.469 orang. Hal ini, selain mengindikasikan bahwa tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat semakin meningkat, juga menunjukan kesadaran beragama umat islam untuk menunaikan rukun Islam semakin baik.

Secara keseluruhan calon haji Maluku berjumlah 1.081, masuk dalam tiga Kloter, masing-masing dua kloter penuh dan satu lainnya gabungan dengan calon haji asal Makasar.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *