2016 Desa-Desa Di Kota Ambom Belum Terima Dana ADD

Ambon-Wakil ketua komisi I DPRD kota Ambon, Leonora Far Far mengatakan, diawal tahun 2016 belum satupun desa dalam kota Ambon yang menerima dana ADD,hal ini terungkap saat komisi I DPRD kota Ambon melakukan rapat evaluasi bersama dengan para SKPD,Camat bersama para raja.

Far Far menjelaskan belumnya diterima dana ADD oleh desa-desa dalam kota Ambon diakibatkan hingga saat ini pihak desa belum memasukan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaranADD  tahun 2015.

Menurutnya, para kepala desa maupun raja menghadapi hambatan pada aturan yang digunakan yaitu matriks sebagai acuan pembuatan laporan pertanggungjawaban. Pasalnya selama ini, belum ada contoh atau format yang baku sebagai contoh pembuatan laporan dari pemerintah kota Ambon.

Selain itu, juga tidak adanya pendampingan dari tim terpadu yang telah dibentuk oleh pemerintah kota Ambon guna mendampingi dalam pembuatan APBD desa, RPJM desa serta pelaporan penyaluran anggaran  di desa. Pasalnya sesuai dengan SK tiga menteri yang telah disederhanakan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 113 harus ada pendampingan yang bertugas mengarahkan pemerintah desa terkait penyaluran anggaran dana desa.

Far Far juga menyesalkan ketidakhadiran bagian keuangan kota Ambon dalam rapat evaluasi tersebut, padahal bagian keuangan kota Ambon memiliki kewenangan untuk menjawab pertanyaan kepala desa terkait anggaran dana desa 20% yang hingga kini belum disalurkan ke masing-masing desa.

Dirinya mengharapkan agar pemerintah kota Ambon dapat memperhatikan hal tersebut sehingga penyaluran anggaran dana desa untuk tahun 2016 dapat telaksana dengan baik guna pembangunan berkelanjutan di seluruh desa di kota Ambon.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *