2016 Kejati Akan Maksimalkan Tugas Dan Fungsinya

Ambon-Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku yang baru, Yan Maringka, mengatakan tahun 2016 pihaknya akan memaksimalkan tugas dan fungsi dalam menangani berbagai perkara seluruh kabupaten kota di provinsi Maluku.

Menurutnya lambatnya berbagai penangan berbagai perkara yang selama ini ditangai oleh Kejaksaan diakibatkan  beberapa faktor, diantaranya kondisi Maluku yang merupakan daerah kepulauan, juga dipengaruhi oleh kondisi kantor pengadilan di 11 kabupaten kota di Maluku yang hanya memiliki 4 kantor pengadilan dimana  dirasakan belum maksimal untuk menyelesaikan banyak perkara  dalam satu tahun. Karena itu, tahun 2016 diharapkan pihaknya dapat bekerja lebih maksimal. Faktor-faktor tersebut menurut Maringka juga berimplikasi terhadap penanganan perkara.

Selain itu juga jumlah Sumber Daya Manusia(SDM) yang dimiliki disetiap kantor Kejaksaan hanya 8 hingga 11 orang Jaksa yang termasuk tenaga jaksa negeri dan pejabat struktural. Dengan kondisi demikian lanjutnya, tetap harus melaksanakan funsgi Kejaksaan khusunya tindak pidana umum.

Diakuinya, tindak pidana umum rata-rata Pengadilan negeri harus menangani lebih dari 100 perkara setiap tahunnya. Selain itu ada juga perkara perdata, perkara tata usaha negara dan lain sebagainya.Penanganan perkara juga harus disesuaikan dengan sumber daya manusia serta lokasi penanganan perkara sehingga tahun 2015 terjadi penurunan jumlah penanganan perkara.

Oleh sebab itu tahun 2016 dalam semester pertama, pihaknya mengharapkan dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga mampu menyerap satu perkara setiap kejaksaan.

Diakuinya, terkait dengan penanganan kasus di Maluku, beberapa Kejaksaan negeri telah memproses pidana terhadap kepala dinas yang bermasalah. Dengan demikian telah membuktikan kinerja  Kejari yang sesungguhnya.

Dirinya mengharapkan agar kondisi kinerja seperti demikian tetap dipertahankan sehingga masyarakat dapat melihat ada penegakan hukum yang berjalan dengan baik sehubungan kinerja  Kejaksaan tinggi maupun kejaksaan negeri.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *