2400 Personil Polda Maluku Amankan Event Internasional Tour de Mollvcas 2017

Ambon-Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan 2.400 personil Polri untuk mengamankan jalanya event Tour de Mollucas (TdM) yang akan berlangsung 18 hingga 22 September besok.

Kepala Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Maluku Kombes Pol.Heru CS disela-sela apel simulasi pengamanan TdM di Lapangan Merdeka Ambon, mengatakan 2.400 personil itu akan ditempatkan di sepanjang jalur jalan yang dilintasi para pebalap sepeda.

Heru menjelaskan, pihaknya akan melakukan penutupan jalan sementara sepanjang pelaksanaan balap berlangsung untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan yang bisa menghambat jalannya perlombaan.

Ia menjelaskan para pebalap akan dilepas dari etape pertama di Piru Ibukota Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (18/9). Adapun rute etape pertama dimulai dari Piru menuju Masohi dengan jarak 179,9 kilometer, dilanjutkan etape kedua Wahai menuju Bula dengan jarak 155,8 kilometer.

Etape ketiga dari Bula menuju Wahai dengan jarak 153,8 kilometer, kemudian Masohi hingga Waiprit dengan jarak 141,5 kilometer.

TdM sendiri akan berakhir di Kota Ambon yang menjadi tuan rumah etape kelima dengan rute dari Pantai Namalatu menuju Kota Ambon. Etape pamungkas dilakukan dengan sistem “loop” atau mengelilingi Kota Ambon sepanjang 82.9 km dan finish di depan Gong Perdamian Dunia. Total untuk etape kelima, peserta TdM harus melalui 713,7 kilometer.

Menurutnya etape kelima merupakan yang terberat untuk pengamanan, mengingat kota Ambon tidak memiliki jalan alternatif yang dapat dugunakan untuk mengalihkan kendaraan selama lomba berlangsung

Kepolisian Daerah Maluku juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur agar menghimbau kepada warga yang memiliki ternak peliharaan seperti sapi, kambing untuk tidak mengikat ternaknya di pinggir jalan karena dapat mengganggu kelancaran lomba.

Saat ini, persiapan event tersebut sudah mencapai 100 persen termasuk perbaikan 200 kilometer ruas jalan dan 12 jembatan.

Pihak penyelenggara TdM 2017 menyediakan lima kapal penyeberangan yang dioperasikan khusus untuk membawa peserta, official serta seluruh peralatan. Waktu tempuh dari Pulau Seram ke Pulau Ambon diperkirakan 1,5 jam.

TdM akan diikuti oleh 16 tim, dengan peserta berasal dari 20 negara. dari 16 tim yang akan berkompetisi, lima di antaranya adalah tim dari Indonesia. Namun ada pula pebalap Tanah Air yang nantinya berlomba atas nama klub asing.DMS

Sukseskan Tour de Mollvcas 2017, Polda Maluku Lakukan Simulasi Pengamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *