272 Keramba "EMAS BIRU" Tersebar Di Maluku-Maluku Utara

Ambon – Program Emas Biru Kodam XVI/Pattimura yang digagas oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo sejak dua tahun silam sudah mengahasilkan 272 keramba budi daya ikan yang tersebar di perairan laut Maluku dan Maluku Utara.

Siaran pers Penerangan Kodam Pattimura yang diterima Antara, Selasa, menyebutkan, program yang memanfaatkan sektor perairan laut sebagai budi daya ikan itu menggunakan keramba jaring apung, keramba jaring tancap, dan keramba darat.

Dari data yang dihimpun Sterdam XVI/Pattimura, Keramba Jaring Apung (KJA) lebih banyak digunakan. Keramba yang digunakan di SUPM dikelola oleh beberapa kelompok antara lain Denmadam XVI/Pattimura sebanyak lima unit yang terdiri dari 40 kotak, Yonif 733/R, Desa Kate-Kate , Desa Waheru dan Sterdam XVI/Pattimura masing-masing satu unit dengan 8 kotak, serta Tim Emas Biru mengelola dua unit yang terdiri dari 16 kotak.

Sementara itu, KJA di kawasan Poka dikelola oleh Denkav-5/BLC dan Denzipur-5/CMG, masing-masing satu unit yang terdiri dari delapan kotak.

KJA di Maluku tengah tersebar di beberapa tempat antara lain Desa Mamala sebanyak satu unit yang terdiri dari delapan kotak, Desa Seith satu unit yang dibagi dalam delapan kotak, Desa Negeri Lima satu unit terdiri dari enam kotak, dan Pulau Pombo (Desa Kailolo) empat unit dengan 32 kotak.

KJA di Seram Bagian Barat (Desa Pelita Jaya) dikelola oleh Tim Emas Biru dengan memanfaatkan empat unit keramba yang dibagi dalam 16 kotak. Selanjutnya di Tual dibuat dua unit keramba yang bisa dijumpai di Desa Samang, dan di Maluku Barat Daya tepatnya di Pulau Lirang terdapat empat unit KJA yang terdiri dari 34 kotak.

Di Provinsi Maluku Utara juga terdapat dua unit KJA dengan 16 kotak. Keramba-keramba itu terletak di Desa Waisum (Sanana).

Di samping Keramba Jaring Apung, juga dibangun Keramba Jaring Tancap (KJT) yang tersebar di beberapa tempat, antara lain di Pulau Manipa yakni di Desa Luhutubang dan Desa Amanjaya yang masing – masing memanfaatkan satu unit.

Di Seram Bagian Barat (Pelita Jaya) dibangun 14 unit KJT yang dikelola Tim Emas Biru.

Sementara untuk wilayah Maluku Utara hanya terdapat satu unit KJT yang berada di Desa Waisum (Sanana).

Untuk Keramba Darat, semantara ini baru ada satu unit di daerah Maluku tengah tepatnya di Desa Morela.

Program Emas Biru Kodam Pattimura juga menyalurkan bantuan bibit ikan. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 67.830 ekor yang terdiri dari jenis kerapu, kakap putih, dan bubara.

Program Emas Biru merupakan salah satu program unggulan Kodam Pattimura untuk membantu pemerintah daerah memberdayakan potensi alam demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program unggulan lainnya adalah Emas Hijau yang memanfaatkan potensi daratan terutama tumbuhan-tumbuhan baik pohon keras maupun buah, dan Emas Putih (menjalin perdamaian hakiki dalam kehidupan masyarakat Maluku dan Maluku Utara).(DMS-Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *