58 Pebalap Bersaing di Etape II TdM

Masohi- Memasuki Etape II lomba balap sepeda internasional Tour de Molvccas  (TdM) 2017 yang akan dimulai, Selasa, hanya tersisa 58 pebalap yang berhak mengikuti event olah raga berbasis pariwisata tersebut.

Konsultan Teknis TdM 2017, Jamaludin Mahmood, membenarkan tersisa 58 pebalap yang berhak melanjutkan pada Etape II yakni Wahai, Maluku Tengah – Bula, ibu kota kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sepanjang 155,8 Km.

Menurut Jamaludin, 58 pebalap yang berhak mengikuti etape II karena mereka mampu menyelesaikan perlombaan pada etape I menempuh jarak 179,7 KM dengan rute dari kota Piru, ibu kota kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menuju Masohi, Maluku Tengah.

Dia mengatakan, 67 pebalap yang mendaftarkan diri secara resmi utk mengikuti event balap sepeda internasioal pertama di Maluku tersebut. Hanya saja, empat pebalap dari tim Kuwait Cartucho, ES (Kuwait) mengundurkan diri dan tidak mengikuti lomba sejak etape I.

Sedangkan empat pebalap asal Brunai Darusalam dan satu pebalap asal Australia gagal menyelesaikan lomba hingga finis pada etape I rute Piru – Masohi, sehingga tidak bisa mengikuti etape berikutnya.

Jamaludin yang juga menjabat International Commissaire balap sepeda internasional yang diakui Badan sepeda dunia (Union Cycliste Internationale – UCI) tersebut, mengakui etape I merupakan jalur terpanjang dari lima etape TdM 2017.

Jalan yang berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan terjal dengan hujan lebat yang mengguyur sepanjang Senin (18/9) cukup menyulitkan para pebalap saat berlomba.

Dia mengakui, para pebalap merasa puas dan senang dapat mengikuti lomba yang melewati tiga kabupaten dan satu kota di Maluku tersebut, karena mendapat sambutan hangat masyarakat yang ramah serta menikmati suasana alam yang indah dan masih alamiah.

Para pebalap memulai perlombaan etape II pada Selasa (19/9) siang dengan star dari Wahai menuju Bula, ibu kota kabupaten SBT sepanjang 155,8 KM. Jamaludin berharap, semua pebalap dapat menyelesaikan race ini.

Even yang berlangsung 18 – 22 September 2017 diikuti 14 tim dari dalam dan luar negeri dengan 125 pebalap dari 20 negara, di mana 67 orang merupakan pebalap utama, sedangka sisanya adalah pebalap cadangan serta mekanik.

Lomba dengan total rute sepanjang 714 KM memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 1 miliar tersebut terbagi dalam lima etape dengan melewati kabupaten SBB, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur (SBT) dan berakhir di Kota Ambon sebagai etape pamungkas.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari panitia penyelenggara, mobil yang mengangkut pembalap dari Kinan Cycling Team (Jepang), mengalami kerusakan saat memasuki kilometer 54 dari kota Masohi menuju ke Wahai.

Bus pariwisata milik Dinas Perhubungan provinsi Maluku dan mengangkut 18 pebalap dan mekanik asal Jepang dan Australia tersebut mengalami rem blong dan perlu dilakukan perbaikan. (DMS-Antara)

67 Pebalap Berebut Gelar di Tour de Mollucas

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *