7 Hektar Hutan Negeri Halong Akan Dijadikan Kebun Binatang

Ambon-Gubernur Maluku, Said Assagaf mengatakan pemerintah provinsi Maluku berkeinginan untuk membuat kebun binatang yang berlokasi di kawasan hutan negeri Halong, kecamatan Baguala.

Diakuinya,awalnya dirinya meminta kepada pemerintah negeri Halong untuk menyediakan lahan sebesar 5 hektar, namun pemerintah dan saniri negeri Halong menambah 2 hektar lahan sehingga total lahan menjadi 7 hektar yang nantinya akan dipergunakan sebagai kebun binatang.

Menurutnya, untuk kota Ambon saat  ini semakin jarang lahan yang dapat difungsikan, karena telah mulai digunakan bagi pemukiman masyarakat. Oleh sebab itu, dirinya meminta agar kebun binatang tersebut dapat di bangun di negeri Halong, yang dinilai hutannya masih dapat difungsikan, selain itu hutan tersebut  jauh dari perkampungan warga. Sehingga dengan demikian Maluku juga memiliki kebun binatang guna melestarikan binatang yang ada supaya tidak punah.

Dirinya telah melakukan koordinasi bersama pemerintah dan saniri negeri Halong sehubungan dengan pelepasan lahan tersebut.  Dalam pembicaraan dengan pemerintah dan saniri negeri Halong, ada pertimbangan untuk menghitung pembayaran per meter.  Lanjutnya, nilai nominal tersebut akan dinyatakan dalam nilai objek pajak.

Selanjutnya, Assagaf menyatakan telah meminta kepada dinas pekerjaan umum provinsi Maluku untuk membentuk tim kecil dalam rangka melakukan peninjauan ke lokasi yang dimaksud, pasalnya, lokasi tersebut hanya dilihat dari ketinggian sehingga membutuhkan evaluasi lanjutan ke lokasi.

Sedangkan terkait dengan kebakaran hutan yang menimpa hutan negeri Halong,Assagaf menyatakan, pembayaran lahan untuk dijadikan kebun binatang tersebut  dapat dihitung sebagai nilai bantu bagi negeri Halong. mengatasi kebakaran hutan yang terjadi.

Dengan adanya kebun binatang yang berada di kota Ambon, dapat menjadikan provinsi Maluku lebih maju dalam hal pelestarian lingkungan hidup sehingga masyarakat kota Ambon maupun masyarakat Maluku secara umum dapat  melestarikan binatang yang ada supaya tidak punah.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *