Abdul Hamid Rahayaan Resmi Dilantik Sebagai Wakil Walikota Tual

Ambon-Abdul Hamid Rahayaan , Senin 18 September 2017, akhirnya dilantik sebagai wakil walikota Tual oleh gubernur Maluku mewakili Menteri Dalam Negeri bertempat di lantai tujuh kantor Gubernur Maluku.

Usai dilantik, Abdul Hamid Rahayaan menegaskan, pro kontra mengenai jabatan wakil walikota Tual yang selama ini terjadi adalah wajar-wajar saja di alam demokrasi saat ini. Persoalan tersebut, kini sudah berakhir dengan pelantikan dirinya oleh gubernur Maluku mewakili Mendagri.

Saat ini tugasnya kedepan adalah melakukan konsolidasi internal dengan semua stekholder agar roda pemerintahan dapat berjalan maksimal.

Selain itu juga dirinya akan betul-betul fokus menjalankan tugasnya sebagai wakil walikota Tual dengan sebaik-baiknya untuk membanguan Kota Tual sehingga  kedepannya lebih maju dan berkembang.

Sementara itu ketika dimintai tanggapannya soal ketidakhadiran walikota Tual saat pelantikan wakil walikota Tual, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD kota Tual Taufik Hamud, mengatakan tidak mengetahui persis alasan ketidakhadiran walikota Tual dalam acara pelantikan wakil walikota Tual tersebut.

Seperti diketahui, Hamid Rahayaan terpilih menjadi wakil walikota Tual , setelah  melalui proses pemilihan di DPRD Kota Tual beberapa waktu lalu. Rahayaan terpilih setelah unggul jauh dari Wahid Fakaubun. Dari 20 anggota DPRD kota Tual, 13 anggota DPRD  memilih Hamid Rahayaan, sementara Fakaubun hanya memperoleh 1 suara.

Meski sebagian kecil menolak proses pemilihan karena sejumlah Parpol pengusung belum memutuskan siapa yang menjabat Wawali, namun DPRD Tual tetap mengusulkan proses pelantikan wakil walikota Tual Hamid Rahayaan ke Mendagri melalui Pemprov Maluku.

Abdul Hamid Rahayaan diusulkan setelah sebelumnya Adam Rahayaan dipercayakan menjabat Walikota Tual menggantikan M.M. Tamher yang meninggal di Jakarta pada 5 April 2016.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyetujui Adam menjadi Walikota Tual dengan SK No.131.81 – 4741 tertanggal 10 Mei 2016. Adam dilantik Gubernur Maluku, Said Assagaff di Ambon pada 23 Mei 2016.DMS

Menentukan Wakil Walikota Tual Menjadi Kewenangan Menteri Dalam Negeri

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *