ASPIKOM Prioritaskan Pengayaan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Ambon-Dalam beberapa daswarsa ini, media komunikasi khususnya media komunikasi massa seperti TV, radio, koran, majalah dan tabloid mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Hal ini diikuti pula dengan perkembangan bidang lain seperti advertising, broadcasting dan jurnalistik. Bidang-bidang tersebut merupakan bagian dari ilmu komunikasi.

Lulusan program studi Ilmu Komunikasi mempunyai peluang yang besar diterima menjadi seorang broadcaster atau seorang penyiar televisi ataupun radio. Lulusan Ilmu Komunikasi mempunyai kompetensi untuk mengisi pekerjaan ini karena semasa kuliah banyak sekali mata kuliah yang berhubungan dengan pekerjaan seperti public speaking dan ilmu-ilmu komunikasi lainnya.

Ketua Aspikom Maluku-Maluku Utara Mutiara Dara Utama mengatakan, untuk menghasilkan lulusan  komunikasi yang handal, maka kurikulum yang disusun dan dirancang untuk Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kurikulum berbasis kompetensi (competency based curriculum).

Peninjauan dan perbaikan kurikulum menjadi agenda reguler yang dicanangkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi. Muatan kurikulum ditinjau dengan tujuan menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu juga untuk mempersiapkan lulusan agar mampu bersaing secara global.

Menurut Mutiara, Prodi Ilmu Komunikasi akan terus mengupayakan kurikulum mengikuti perkembangan Communication Curriculum dan ASPIKOM, ISKI, serta pengayaan materi dengan adanya sertifkasi baik nasional maupun internasional di beberapa mata kuliah untuk menambah daya saing lulusan.

Kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi dirancang agar para lulusan nantinya mempunyai latar belakang pengetahuan di bidang Ilmu Komunikasi yang memadai, sehingga lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan sistem informasi di berbagai bidang yang relevan dan juga memiliki soft skill yang memungkinkan mahasiswa untuk mandiri.

Mutiara berharap dengan menerapkan kurikulum berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), lulusan sarjana Ilmu Komunikasi diharapkan terampil dalam memanfaatkan teknologi komunikasi dan mengatasi pengaruh teknologi komunikasi yang semakin berkembang.

Lulusan program studi Ilmu Komunikasi mempunyai peluang yang besar diterima menjadi seorang broadcaster atau seorang penyiar televisi ataupun radio. Lulusan Ilmu Komunikasi yang mempunyai skill komunikasi yang baik akan sangat berguna untuk unit pemasaran maupun periklanan sebuah perusahaan.DMS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *