Awas, Makanan Ini Beracun Jika Dipanaskan Lagi

Jakarta-Seringkali kita memanaskan kembali makanan sisa untuk dimakan kembali tanpa tahu pengaruhnya terhadap kesehatan. Ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi setelah dipanaskan kembali, tetapi ada juga yang berbahaya bahkan hingga dapat menyebabkan kanker.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut ini adalah daftar makanan matang yang berbahaya jika Anda memanaskannya kembali:

Daging Ayam

Ayam kaya akan protein yang baik untuk tubuh. Namun, ketika Anda mengkonsumsi ayam matang yang dipanaskan kembali, maka komposisi protein yang terdapat pada daging ayam tersebut akan berubah sehingga bisa mengganggu sistem pencernaan pada tubuh.

Jadi, lebih baik Anda memasak sedikit ayam lalu menghabiskan semuanya daripada menyimpan sisanya lalu memanaskannya kembali untuk dimakan beberapa waktu kemudian.

Kentang

Kentang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Namun, ketika Anda menyimpan kentang matang terlalu lama, maka Anda akan kehilangan banyak nutrisi didalamnya. Anda juga akan mengalami masalah pencernaan jika Anda memanaskan kembali kentang tersebut.

Bit

Bit memiliki kandungan nitrat yang baik untuk tubuh. Ketika Anda memanaskannya kembali, maka kandungan nitrat dalam buah bit akan hilang. Namun, Bit masih bisa dikonsumsi walaupun Anda memasaknya sehari sebelum Anda memakannya asalkan Anda menyimpannya di dalam lemari es.

Jamur

Jamur adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi dalam kondisi yang segar. Makanan ini kaya akan protein yang sangat penting bagi tubuh. Sama seperti ayam, ketika Anda memanaskannya kembali, maka komposisi protein yang terdapat dalam jamur tersebut akan berubah sehingga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

Telur

Protein yang terkandung dalam telur matang akan seketika hancur ketika Anda memanaskannya kembali. Tak hanya itu, telur yang dipanaskan kembali bahkan bisa mengandung racun yang bisa mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Bayam

Selain kaya akan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang, bayam juga mengandung flavonoid yang mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker. Namun ironisnya, bayam juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker jika Anda mengkonsumsi bayam matang yang dipanaskan kembali. Maka dari itu, konsumsilah bayam sesaat setelah bayam dimasak.

Daun Seledri

Daun seledri biasanya dipakan sebagai sayur pelengkap untuk sup. Namun, walaupun hanya pelengkap, jika Anda mengkonsumsi seledri yang dipanaskan kembali, hal ini akan membahyakan kesehatan Anda. Jadi, ketika Anda hendak memanaskan sup Anda, sebaiknya buang dulu daun seledri yang terdapat didalamnya. TEMPO.CO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *