Balai Sungai Lakukan Rekayasa Normalisasi Daerah Aliran Sungai Wae Ella Negeri Lima

Ambon-Untuk meminimalisir bencana banjir di Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Pulua Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Balai Wilayah Sungai Maluku, melakukan rekayasa normaisasi sungai dengan memasang bronjong di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Wai Ella.

Pemasangan bronjong di daerah bantaran sungai Wai Ela tersebut, merupakan program jangka pendek untuk mengurangi resiko pengikisan akibat terjangan air sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Farida Salampessy mengatakan, Pihaknya telah melakukan koordinasi tanggap darurat bersama instansi teknis baik Provinsi maupun Kabupaten Maluku Tengah untuk melakukan langkah antisipasi untuk meminimalisir luapan air, mengingat saat ini intensitas curah hujan yang melanda wilayah Maluku cukup tinggi.

Seperti diketahui, Daerah Aliran Sungai (DAS) Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah butuh normalisasi segera. Hal itu untuk mencegah bencana banjir yang makin  parah.

Intensitas curah hujan yang terjadi saat ini mengakibatkan terjadinya erosi Natural Dam Wae Ela. Selain DAS Mamua, Negeri Hila di wilayah setempat. Kondisi tersebut sangat berbahaya, apabila pemerintah daerah provinsi, kabupaten tidak segera melakukan normalisasi.

Saat ini aliran sungai Wae Ela, hanya terpaut beberapa meter dari perumahan penduduk. Bahkan, mengancam penduduk setempat.

Demikian halnya jembatan darurat bakal terbawa arus air. Kondisi ini diharapkan agar Pemda segera melakukan rekayasa normaliasi pada kedua DAS tersebut. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *