Baswedan : Guru Harus Kembangkan Kreativitas Pengajaran

Ambon-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan mengatakan guru yang memiliki ide kreatif akan mampu menciptakan sistem pembelajaran yang kreatif juga. Hal tersebut disampaikan Baswedan saat hadir dalam acara festival pendidikan Maluku 2016 yang digelar di Taman Budaya Karang Panjang Ambon, Jumat pagi.

Dijelaskannya, guru harus bisa membebaskan diri dari pandangan kota sehubungan dengan cara belajar di sekolah. dirinya mencontohkan Selama ini, banyak guru yang memiliki pemikiran jika sekolah tempatnya mengajar memiliki fasilitas pendidikan yang komplit, barulah proses belajar tercipta dengan baik. Padahal menurutnya, tidak seharusnya demikian, jika guru memiliki kreativitas dalam pola pengajaran maka secara otomatis siswa juga akan belajar kreatif dengan daya imajinasi yang tinggi untuk mengembangkan diri.

Dirinya mencontohkan proses pendidikan yang saat ini dilakukan di kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), dimana dengan menggunakan  fasilitas yang minim jauh dari kesan modern namun  proses belajar dapat dilakukan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu, menurutnya persoalan proses belajar sebenarnya bukan terlatak pada fasilitas pendidikan yang memadai melainkan terletak pada seberapa maksimal kreativitas para guru dalam memberikan pembelajaran bagi para siswa, guna kemajuan peserta didik.

Selain itu Baswedan juga meminta kepada para orang tua peserta didik mendorong sekolah agar lebih baik dalam pelayanan pendidikan. Karena diakuinya, di Indonesia, perkembangan secara umum, terjadi peningkatan cukup pesat namun kecepatan kualitas peningkatnnya hanya terjadi pada sebagian dan tidak proposional. Ada daerah yang  kualitas pendidikan meningkat tajam  ada pula yang staknan dalam 15 tahun terakhir, sehingga harus didorong untuk maju. Oleh sebab itu peranan masyarakat dan orang tua maupun pemerintah daerah sangat penting dalam usaha meningkatkan kecepatan kualitas pendidikan di Indonesia  sehingga  merata.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *