Belajar dari Ambon, Bupati Sintang dan Rombongan Lakukan Studi Tiru

Ambon-Untuk mengembangkan dan memacu sejumlah sektor pembangunan di Kabupaten Sintang Provinsi Kalimanatan Barat, Bupati Sintang Jarot Winarno bersama sejumlah pejabat SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, lakukan studi tiru  ke Kota Ambon.

Jarot Winarno mengatakan, dipilihnya Kota Ambon sebagai tujuan studi tiru, untuk mempelajari penyelenggaraan pemerintahan di ibu Kota Provinsi Maluku ini pada beberapa bidang, yakni perencanaan dan keuangan, penataan kota, pariwisata, pendapatan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya studi tiru dilakukan dengan maksud mempelajari hal-hal yang dinilai telah berhasil dilakukan di Kota Ambon untuk diterapkan di Kabupaten Sintang yang sedang di persiapkan sebagai Ibukota Provinsi Kapuas Raya yang dimekarkan dari Provinsi Kalimantan Barat .

Dipilihnya Kota Ambon sebagai lokasi studi tiru, mengingat baik kota Ambon maupun Kota Sintang  memiliki kemiripan latar belakang multikultural dan sama-sama pernah mengalami konflik sosial. Selain itu, Ambon dipilih karena keberhasilan dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan sehingga dianugerahi penghargaan Adipura dan Wahana Tata Nugraha.

Kunjungan Bupati Sintang bersama rombongan yang diterima Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustav Latuheru ini diharapkan dapat memberikan informasi langsung terkait pemerintahan dan pelayanan publik di Ambon.

Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru, dalam pertemuan tersebut, berbagi sejumlah kiat sukses pembangunan di Kota Ambon. Diantaranya adalah adanya komitmen bersama yang kuat antara lembaga eksekutif dan legislatif.

Secara khusus, Latuheru menggarisbawahi sektor pariwisata sebagai sektor unggulan utama di Kota Ambon. Menurutnya, majunya sektor pariwisata akan berdampak langsung pada majunya bidang-bidang yang lain. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *