Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban Dalam Kota Ambon

0
129
Berita Ambon
Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban Dalam Kota Ambon

Berita Ambon – Pengurus Masjid Raya Al-Fatah Ambon pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah melaksnakan pemotongan puluhan hewan kurban usai melakukan sholat Idul Adha pada Jumat pagi 31/07/2020, pada komplek pelataran Masjid Al-Fatah Ambon oleh panitai kurban.

Kegitan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakn oleh panitai kurban Masjid Raya Al-Fatah Ambon agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena hanya dilakukan oleh beberapa orang saja, guna menghindari adanya kerumunan warga dalam jumlah yang banyak.

Haris salah satu penitai kurban pada Masjid Al-Fatah Ambon kepada tim DMS Media Group menjelaskan hewan kurban yang dimiliki oleh Masjid Raya Al-Fatah Ambon yakni sapi sebanyak 19 ekor dan empat ekor kambing, dari total 19 sapi, dua ekor telah diserahkan kepada pengurus masjid yang lain sehingga total saat ini hewan sapi kurban yang ada sebanyak 17 ekor.

Disinggung soal jumlah pembagian yang ditargetkan pada hari ini dan esok, kata Haris, panitai sampai dengan hari ini telah menyalurkan sebanyak kurang lebih 1000 kupon kepada mereka yang berhak menerima dan sesuai rencana pembagian kurban akan selesai pada Senin 03/08/2020.

Bagi mereka yang telah memiliki kupon nantinya panitai akan mengantar langsung ke rumah masing-masing sesuai dengan instruksi dari pemerintah setempat agar tidak menimbulkan terjadinya pengumpulan masa dalam jumlah banyak pada lokasi pemotongan hewan kurban.

“Katong punya 19 dua keluar yang ada sini 17 katong pung kambing empat lalu katong pung pembagian sesuai dengan kupon,   katong pung kupon sampai hari ini sudah seribu lebih yang dibagikan kepada warga dan pembagian sampai dengan hari Senin” Ungkap Haris.

Sementar itu pada lokasi negeri Batu Merah tepatnya di masjid Agung An Nur terlihat panitia kurban sementara melakukan penyembelihan hewan kurban pada kompleks samping masjid, terlihat banyak warga yang datang melihat secara langsung proses penyembelihan hewan kurban di negeri Batu Merah.

Hal yang sama juga terlihat pada lokasi kompleks Masjid Al-Istiqomah Talake Ambon, dimana panitia kurban sementara mempersiapkan peralatan untuk dilakukan penyembelihan kurban pada lokasi kompleks masjid.

Seluruh hewan kurban yang diserahkan kepada setiap masjid sebelumnya telah melewati pemeriksaan dari tim beberapa hari jelang hari raya kurban Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijriah, dimana tim dari dinas Pertanian Provinsi Maluku melakukan pemeriksaan kesehatan ratusan hewan kurban. Dari hasil pemeriksaan baik sapi maupun kambing aman untuk dijadikan hewan kurban. radiodms.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here