Ratusan PKL Komplek Terminal Dan Pasar Mardika Ambon Jalani Rapid Test

0
22
Berita Ambon
Ratusan PKL Komplek Terminal Dan Pasar Mardika Ambon Jalani Rapid Test

Berita Ambon – Ratusan pedagang pada kompleks kawasan terminal A1 dan pasar Mardika jalani rapid test oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 kota Ambon pada dua lokasi masing-masing Puskesmas Rijali negeri Batu Merah dan tenda yang dibangun dalam lokasi terminal A1 Mardika.

Pantuan tim DMS Media Group pada Sabtu 08/05/2020, di dalam komplek terminal A1 Mardika, terlihat petugas kesehatan tengah melakukan pemeriksaan kepada para pedagang kaki lima yang selama ini melakukan rutinitas dalam komplek terminal, satu persatu para pedagang diambil data diri dan selanjutnya di periksa sesuai standar pemeriksaan penanganan covid-19 yang ditentukan.

Hal yang sama juga terlihat pada Puskesmas Rijali negeri Batu Merah, dimana petugas dari tim kesehatan tengah melakukan pemeriksaan, dan setiap pedagang didata untuk selanjutnya menjalani rapid test sesuai standar penanganan covid-19.

Petugas dari tim dinas Kesehatan dibantu oleh aparat kemanan TNI-POLRI dan Satpol PP, melakukan pendataan setiap pedagang yang berjualan di pasar Mardika untuk selanjutnya mereka diminta untuk datang ke lokasi tempat pemeriksaan guna menalani pemeriksaan kesehatan.

Sejumlah pedagang bersikeras dan menolak untuk menjalani pemeriksaan oleh petugas kesehatan,dengan berbagai alasan, namun petugas tetap mewajibkan mereka untuk menjalani test , hal ini guna memastikan kesehatan setiap pedagang yang berjulan di pasar Mardika bebas dari covid.

Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan pada lokasi komplek pasar dan terminal Mardika oleh petugas kesehatan, sebagai langkah antisipasi, pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, mengingat saat ini telah terjadi tranformasi lokal dimana pasien positif covid, bukan lagi pelaku perjalanan dari luar daerah, namun warga lokal sendiri.

Sebelumnya diberitakan pada Rabu dan Jumat kemarin dua pasien yang menjalani perawatan di RSUD Haulussy Ambon dinyatakan meninggal dunia, satu diantaranya adalah pedagang yang berjualan pada komplek terminal A1 Mardika telah dinyatakan positif covid-19, yang diumumkan langsung oleh ketua harian tim gugus tugas percepetan penanganan covid-19 provinsi Maluku Kasrul Selang di kantor gubenur Maluku. Berita Ambon radiodms.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here