Pawai Hadrat Warnai Perayaan Idul Adha 1441 H Di Negeri Siri-Sori Islam

0
58
Berita Maluku Tengah
Pawai Hadrat Warnai Perayaan Idul Adha 1441 H Di Negeri Siri-Sori Islam

Berita Maluku Tengah, Saparua – Masyarakat negeri Sirisori Islam di kecamatan Saparua Timur, kabupaten Maluku Tengah mengadakan acara hadrat keliling kampung bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Abubakar Sahupala yang merupakan salah satu tokoh masyarakat negeri Siri-Sori Islam, kepada tim DMS media Group menjelaskan Hadrat keliling kampung adalah salah satu tradisi yang telah berlangsung sejak dahulu dilakukan oleh masyarakat negeri Siri-Sori Islam.

Dikatakannya kegiatan ini memberikan manfaat agar para generasi muda untuk dapat mengembangkan dan melestarikan seni budaya dan tradisi syiar Islam sehingga tidak punah akibat perkembangan zaman yang begitu pesat.

Ditakannya pada setiap perayan Idul Adha, setelah pelaksanaan Sholat ID, maka dilanjutkan dengan pawai Hadrat oleh masyarakat dari berbagai komponen baik itu warga biasa, organisasi pemuda dan juga dari unsur sekolah-sekolah semua berkumpul pada satu lokasi yang telah ditentukan oleh panitia.

Setelah semuanya berkumpul dilanjutkan dengan melakukan hadrat sambil berjalan membawa hewan kurban berkeliling kampung untuk selanjutkan dilakukan prosesi penyembelihan hewan kurban oleh panitia.

Disinggung soal jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 H yang ada di negeri Siri-Sori, Abubakar mengatakan untuk tahun ini sebanyak 23 sapi, dimana dari total jumlah tersebut merupakan bantuan yang diberikan oleh masyarakat Siri-Sori dalam negeri Siri-Sori, sekolah Sanawiah Aliyah dan juga masyarakat Siri-Sori Islam di luar pulau Saparua.

“Acara ini bisanya dilaksanakan oleh masyarakat, yaitu pawai hadrat sebelum dilakukan penyembelihan hewan kurban dan kegiatan ini sudah berlangusng turun temurun sejak perkembangan agama Islam masuk ke Siri-Sori” Ungkap Sahupala.

Terlihat suasan kemeriahan warnai perayaan Idul Adha oleh masyarakat negeri Siri-Sori, karena seluruh masyarakat tumpa ruah dijalan-jalan guna menyaksikan langsung berbagai atraksi hadrat yang tampilkan baik oleh anak-anak maupun remaja dalam berbagai gaya masing-masing.

Pakain yang dikenakan oleh para peserta hadrat juga terlihat seragam ada juga yang membawa umbul-umbul dan lampion sehingga menambah keindahan mereka saat menyusuri jalan-jalan seputaran kampung Siri-Sori Islam.

Setalah berkeliling kampung semuanya kembali berkumpul pada lokasi pelataran masjid Baiturrahman Negeri Siri-Sori Islam yang dilanjutkan dengan prosesi pemotongan hewan kurban oleh panitia dibantu oleh masyarakat sekitar guna dibagikan ke mereka yang berhak mendapatkan. radiodms.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here