Bertemu Pimpinan DPR, Dubes Bangladesh Bahas Rohingya

Jakarta – Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia Mayor Jenderal Azmal Kabir menemui Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Keduanya membahas isu kekerasan etnis Rohingya yang terjadi di Rakhine, Myanmar.

“Duta besar Bangladesh menyampaikan kondisi terkini (para pengungsi Rohingya) semakin hari semakin memburuk, dengan 1 juta orang pengungsi dan juga kriminalitas juga sudah meningkat,” kata Fadli saat konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Fadli menuturkan dalam situasi yang genting tersebut, pemerintah Myanmar harus segera menerima kembali warga mereka. Selain itu, Ia menuturkan Indonesia perlu melakukan upaya diplomatik untuk memaksa para pengungsi yang saat ini berada di wilayah Bangladesh untuk kembali.

“Pemerintah Myanmar harus menerima kembali warga mereka sendiri yang terusir atau keluar karena merasa terintimidasi. Indonesia harus melakukan upaya diplomatik bisa lebih keras untuk memaksa 1,1 juta pengungsi agar kembali,” ujarnya.

Fadli mengatakan peran Indonesia sebagai negara pendiri ASEAN sangat dibutuhkan. Bangladesh berharap Indonesia dapat menekan Myanmar untuk menerima kembali rakyatnya.

“Di sinilah dibutuhkan peran Indonesia. Indonesia ini kan negara pendiri ASEAN, negara terbesar muslim di dunia, bahkan negara demokrasi dan dalam hal ini Indonesia harus dapat menekan Myanmar (agar menerima kembali para rakyatnya),” tuturnya. (DMS-detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *