BMKG Stasiun Pattimura: September, Maluku Masuki Musim Kemarau

Ambon-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Pattimura Kelas II Ambon menyatakan memasuki bulan September sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Provinsi Maluku telah memasuki musim kemarau.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Kelas II Ambon, Sugeng mengatakan, berdasarkan pantauan, untuk 3 dasarian bulan September di wilayah Maluku curah hujan masih terjadi namun intensitasnya sedang.

Hujan diperkirakan masih akan terjadi kendati demikian intesitasnya mulai berkurang, seperti di wilayah Maluku Tengah, Kecamatan Seram Utara, Seram Utara Barat, Tehoru, Amahai, Kecamatan TNS Waipia, Teluk Elpaputih dan sekitarnya serta sebagian wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat di Kecamatan Kairatu dan sekitarnya.  

Sementara untuk potensi gelombang tinggi diprakirakan mencapai 2,5 meter dan berpeluang terjadi di Perairan Selatan Ambon, Laut Banda, perairan Selat Kepulauan Kei, perairan Tanimbar dan Laut Arafura.

Menurut Sugeng tinginya gelombang laut yang mencapai 2,5 meter ini karena dipengaruhi adanya kecepatan angin sebesar 23-30 km/jam.

Khusus untuk ketinggian gelombang di perairan Maluku, Sugeng mengingatkan agar para pengguna tranportasi laut selalu waspada sebab kecepatan angin dapat mempengaruhi ketinggian gelombang sewaktu-waktu.

Sementara itu dengan kecepatan angin yang masih normal antara 20-30 km/jam sama sekali tidak berpengaruh terhadap lalulintas penerbangan udara baik yang datang maupun yang akan berangkat dari bandara Pattimura Ambon.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *