BPBD Kota Ambon Data Jumlah Kerusakan Akibat Gempa

Ambon-Pasca gempa pada Selasa hingga Rabu dini hari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon masih terus melakukan pendataan sejumlah fasilitas umum dan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa.

Kepala BPBD Kota Ambon, Enrico Matitaputty kepada sejumlah wartawan mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan ke beberapa lokasi di kota Ambon yang disinyalir mengalami kerusakan akabit gempa semalam.

Untuk sementra, berdasarkan informasi yang diterima, kerusakan terjadi pada Mall MCM Tantui, ruangan Bandara Internasional Pattimura, satu gedung SMP di desa Batu Merah,  gedung SD negeri 2 di Desa Poka, termasuk 10 rumah warga di lokasi Tanah Rata, Desa batu Merah yang mengalami kerusakan akibat retak.

Dirinya memastikan data kerusakan yang dialami baik fasilitas umum maupun rumah warga akan segera dipublikasikan. Untuk saat ini tim BPBD masih melakukan pendataan di lapangan.

Matitaputty mengatakan, pihak BPBD kota Ambon telah melakukan koordinasi dengan para Camat, namun hingga saat ini belum ada laoran soal kerusakan rumah warga. Nmaun pada prinsipnya, BPBD selalu siap untuk mengambil langkah-langkah tanggap darurat jika terjadi bencana.

Seperti diketahui, Gempa pertama berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 20.31.41 WIT dengan lokasi 50 kilometer barat daya Pulau Ambon dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa pada 3.79 lintang selatan (LS) dan 127.76 bujur timur (BT).

Gempa kedua terjadi tiga menit kemudian yakni pada pukul 20.34.42 WIT dengan kekuatan 5,6 SR dengan lokasi 47 kilometer barat daya Pulau Ambon pada kedalaman 40 kilometer d ibawah permukaan laut. Pusat gempa yakni pada 3.76 LS dan 127.78 BT.

Sedangkan gempa ketiga dengan skala lebih besar yakni 6,2 SR menguncang Pulau Ambon pukul 20.50.50 WIT dengan kedalaman 10 kilometer di bawan permukaan laut dengan lokasi 38 kilometer barat daya Pulau Ambon. Posisi gempa 3.69 LS dan 127.85 BT.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *