CSIS: 70,8% Generasi Milenial Puas Terhadap Jokowi-JK

Jakarta – Center for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan survei kepada generasi milenial tentang tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Hasilnya sebanyak 70,8 persen responden puas dengan pemerintahan Jokowi-JK.

Survei CSIS dilakukan pada 23-30 Agustus 2017 dengan jumlah 600 responden generasi milenial yang sudah memiliki hak pilih. Responden survei ii adalah yang berusia 17-29 tahun.

Responden dipilih secara acak (multi stage random sampling) dari 34 provinsi di Indonesia. Survei dirilis di Auditorium CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017).

Margin of error dari survei ini sebesar +/- 4 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan quality controlnya 20 persen sampel melalui spotchek dan 50 persen diverifikasi via telepon.

Dari hasil survei tersebut, sebanyak 70,8 persen generasi milenial puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK dalam tiga tahun ke belakang. Sedangkan 29,0 persen tidak puas, dan sisanya 0,2 persen tidak menjawab atau menjawab tidak tahu.

Peneliti CSIS Yose Rizal Damuri melakukan survei terhadap generasi milenial karena saat ini belum ada yang melakukan hal itu secara khusus. Dia menyebut ada pemikiran berbeda antara generasi milenial dan yang bukan milenial.

“Kita melihat bagaimana aspirasinya dari generasi muda. Sehingga kita pilih sampel untuk anak muda karena selama ini ada pandangan yang berbeda antara generasi milenial dengan tidak namun selama ini datanya hanya lewat pertanyaan online,” ujar Yose.(DMS-detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *