Dinas Koperasi Maluku Tengah Programkan Pembebasan Bunga Subsidi KUR dan Klinik Online

Ambon-Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Maluku Tengah akan menjalankan program unggulan, untuk menata kembali koperasi dan usaha kecil mikro masyarakat agar lebih terarah dan profesional.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Maluku Tengah, Dahlan Malawat menjelaskan, program unggulan tersebut adalah Pembebasan Bunga Subsidi KUR dan Program Klinik Online. Hal ini sesuai dengan semangat nawacita pemerintah pusat untuk pemberdayaan masyarakat

Lewat program Pembebasan Bunga Subsidi KUR maka dapat meringankan masyarakat dari pengembalian modal usahanya tanpa bunga yang telah dipinjamkan.

Pihaknya akan mengidentifikasi koperasi yang berprestasi dan akan diberikan penghargaan sebagai koperasi percontohan oleh pemerintah daerah lewat Dinas Koperasi dan UKM.

Khusus program klinik online, merupakan bagian dari transparansi yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui/mengakses informasi kinerja, koperasi percontohan dan regulasi undang-undang yang berkaitan dengan Koperasi dan UKM.

Diharapkan dua program unggulan yang dijalankan ini akan lebih meningkatkan perekonomian masyarakat terutama ditingkat pedesaan dalam mengembangkan usaha koperasi mereka.

Di tambahkannya, jumlah koperasi yang telah ditangani dan dibawah pengawasan langsung Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Maluku Tengah sebanyak  611, yang tercatat sejak Desember 2016 sampai April 2017. Sementara usaha mikro yang telah ditangani sebanyak 3.992 terbagai atas jenis usaha kecil masyarakat sebesar 1.367 dan usaha menengah sebanyak 109.

Menurut Dahlan, kendala yang dihadapi di lapangan yaitu persoalan anggaran perjalanan dinas terkadang tidak mencukupi untuk perjalanan pegawai yang di tugaskan. Namun menurutnya, hal ini masih bisa diatasi.

Karena itu, ia berharap masyarakat menyadari bahwa berkoperasi itu sebenarnya penting untuk meningkatkan perkonomian masyarakat.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *