Dinas Pekerjaan Umum Lakukan Perbaikan Talut Penahan Banjir Wae Ella Negeri Lima

Ambon-Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, saat ini tengah melakukan perbaikan talud penahan banjir Wae Ela negeri Lima untuk meminimalisir bencana banjir di Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Pulua Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan umum Provinsi Maluku, Ismail Usemahu mengatakan, saat ini pekerjaan sedang dipercepat mengingat cuaca hujan yangterus  menguyur wilayah Maluku belakangan ini.

Menurut Usemahu, pekerjaan pemasangan bronjong di daerah bantaran sungai Wai Ela tersebut, merupakan program jangka pendek untuk mengurangi resiko pengikisan akibat terjangan air sungai.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Negeri Lima, di Kecamatan Leihitu, tidak saja dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Maluku tetapi juga oleh Balai Sungai Wilayah Nasional.

Normalisasi terus dilakukan agar aliran air tidak menerjang rumah, selain itu untuk menjaga  agar jembatan Wae Ella tidak mengalami kerusakan akibat terjangan banjir.

Saat ini aliran sungai Wae Ela, hanya terpaut beberapa meter dari perumahan penduduk. Bahkan, mengancam penduduk setempat . Demikian halnya jembatan darurat bakal terbawa arus air.

Usemahu mengakui, intensitas curah hujan yang terjadi saat ini mengakibatkan terjadinya erosi Natural Dam Wae Ela. Selain DAS Mamua, Negeri Hila di wilayah setempat. DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *