Dinas Pendidikan Dan BKK Ambon Koordinasikan Pelelangan Jabatan Kepala Sekolah

Ambon-Guna mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah pada sejumlah sekolah mulai dari tingkat dasar (SD) hingga SMU/SMK, maka pemerintah kota Ambon dalam hal ini dinas pendidikan kota Ambon akan membuka kegiatan lelang jabatan bagi kepala sekolah. Demikian ditegaskan kepala dinas pendidikan kota Ambon, Benny Kainama.

Menurut Kainama, kegiatan lelang jabatan kepala sekolah merupakan kewenangan dari badan kepegawaian kota (BKK) Ambon. Pasalnya, BKK Ambon merupakan badan yang mengatur tentang kepegawaian, sehingga koordinasi lintas dinas sangat dibutuhkan. Sejauh ini, lanjutnya, dinas pendidikan kota Ambon sementara melakukan koordinasi dengan BKK Ambon guna memproses pembukaan kegiatan lelang kepala sekolah dimaksud.

Diakuinya, sesuai dengan tugas dan tupoksinya maka BKK memiliki kewenangan melakukan proses fit and proper test bagi calon kepala sekolah yang akan terlibat dalam lelang jabatan kepala sekolah.

Kainama menerangkan memasuki tahun 2016, ada sejumlah kepala sekolah yang akan memasuki masa pensiun atau purna bakti sehingga harus ada pengganti kepala sekolah pada setiap sekolah tersebut, pasalnya keberadaan kepala sekolah sangat berkaitan dengan proses dan kegiatan yang dilakukan di sekolah. Di lain pihak, siswa akan menghadapi ujian nasional (UN).

Terkait hal tersebut maka pihaknya berusaha untuk membuka proses lelang jabatan kepala sekolah sebelum pelaksanaan ujian nasional.

Sementara itu, kepala sekolah yang masuk masa purna bakti atau pensiun berasal dari SD  sebanyak 20 orang, sementara untuk SMP hanya 1 orang kepsek.

Lebih lanjut Kainama menyatakan, dalam proses pelelangan tersebut pihaknya hanya bisa mengusulkan nama-nama calon kepala sekolah, namun yang akan menentukan pengusulan adalah BKK Ambon, dengan persyaratan yang disiapkan.

Dirinya mengarapkan agar para kepala sekolah yang mau mengikuti proses pelelangan dapat menyiapkan diri dengan baik, baik dalam hal persiapan admnistrasi maupun persyaratan lainnya yang diatur oleh BKK Ambon. Sehingga dari pelelangan tersebut dihasilkan kepala sekolah yang emmiliki mutu serta profesionalitas yang baik guna meningkatkan mutu pendidikan di kota Ambon agar lebih maju.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *