Dinas Tata Kota Harus Sosialisasikan Ipal Komunal Kepada Masyarakat

Ambon-Ketua komisi III DPRD kota Ambon, Rofik Afifudin mengatakan, beberapa kesimpulan yang dihasilkan dalam rapat bersama mitra SKPD pemerintah kota Ambon yaitu dinas Tata kota dan dinas Kebersihan menyangkut pembangunan ipal komunal bagi masyarakat.Hal tersebut diungkapkan Rofik usai rapat koordinasi bersama mitra komisi III, Selasa siang.

Dijelaskannnya sehubungan dengan pembangunan ipal komunal atau  ipal domestik yang telah dibangun oleh dinas Tata kota Ambon lewat sumber dana DAK harus disosialisasikan kepada masyarakat secara tepat dan akurat.

Pasalnya, menurutnya hingga kini pembangunan ipal komunal tersebut masih belum sepenuhnya  terbiasa oleh warga dikarenakan belum memahami dengan jelas fungsi ipal komunal yang sesungguhnya.

Selain itu, koordinasi lintas SKPD terkait dengan dinas kebersihan harus terjaga, walaupun pembangunan  dilakukan oleh dinas Tata kota namun dinas kebersihan juga perlu mengetahui  sehingga jika suatu saat ada persoalan menyangkut kebersihan ipal, maka yang akan bertangungjawab adalah dinas kebersihan.

Pihaknya mengharapkan agar komunikasi dan koordinasi lintas SKPD terkait harus menjadi  hal yang utama sehingga nantinya tidak terjadi salah kaprah bahkan kemungkinan bisa saling lempar tanggungjawab. Padahal, ipal komunal dibangun untuk kepentingan masyarakat luas.

Lanjutnya, Ipal komunal yang telah dibangun diantaranya di negeri Halong, negeri Passo, kampung Wara dan kampung Ahuru.

Dijelaskannya, dalam hal ini yang akan bertangungjawab terhadap pelaksanaan dan pengelolaan ipal komunal adalah UPTD ipal yang baru dibentuk beberapa waktu yang lalu.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *