Dinkes Maluku Canangkan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella Pada September 2018

Ambon-Sebagai wujud tanggung jawab pemerintah dibidang kesehatan, maka pada bulan Agustus 2017, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah mencanangkan kampanye imunisasi Campak dan Rubella (Measles Rubella/ MR) gratis, yang ditujukan kepada anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Hans Tanikwele pengelola program pada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku mengatakan pelaksanaan kampanye imunisasi MR tahun 2017 tersebut adalah fase ke-I yang diadakan di wilayah pulau Jawa.

Sementara untuk kampanye imunisasi MR bagi warga diluar pulau Jawa, pelaksanaan Fase ke-II diadakan pada bulan Agustus dan September 2018, yang meliputi 28 provinsi di luar pulau Jawa yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Hans menjelaskan untuk provinsi Maluku, imunisasi akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 dan difokuskan pada anak usia kurang dari 15 tahun mulai dari tingkat PAUD,TK,SD dan SMP.

Sementara pada bulan September 2018 akan dilanjutkan dengan imunisasi yang diberikan di Posyandu, Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan lainnya untuk bayi berusia 9 bulan ke atas, anak-anak yang belum bersekolah, juga anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Seperti diktahui, kampanye Imunisasi MR dan Tujuannya Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) yang pencanangannya dibuka oleh Presiden Jokowi pada tanggal 1 Agustus lalu, adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Pemerintah menargetkan sekitar 34 juta anak yang akan mendapatkan imunisasi.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *