Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Lakukan Penilaian Lomba Desa dan Keluarahan Di Ambon.

Ambon-Penilaian lomba desa dan kelurahan sangat tergantung pada dukungan kinerja Pemerintah Daerah terhadap Pemerintah Desa/Kelurahan beserta masyarakatnya. Bagi Pemerintah Desa dan Kelurahan dengan kinerja baik yang didukung oleh partisipasi aktif masyarakatnya, berpeluang besar untuk dapat terpilih menjadi desa/kelurahan terbaik nasional pada tiap regional.

Demikian dikatakan, Kasubdit Fasilitasi Penamaan dan Kode Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Ri. Ross Maryati, pada Kegiatan Klarifikasi Lapangan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tahun 2017, Regional IV, di Kelurahan Uritetu Kota Ambon, Kamis (20/07).

Menurut Roos Maryati , Lomba Desa dan Kelurahan secara rutin diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, bahwa sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, maka pada tahun 2017 ini Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa menyelenggarakan Lomba Desa dan Kelurahan dibagi dalam empat wilayah.

Empat wilayah Regional tersebut yakni Regional I, meliputi seluruh provinsi di Pulau Sumatera, Wilayah Regional II, meliputi seluruh provinsi di Jawa dan Bali, Wilayah Regional III, meliputi seluruh provinsi di Kalimantan dan Sulawesi, dan Wilayah Regional IV meliputi Provinsi di Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Roos Maryati mengatakan, dasar penilaian lomba meliputi beberapa aspek, antara lain penilaian administratif, klarifikasi lapangan, dan pemaparan Kepala Desa dan Lurah di depan Tim Penilai Tingkat Nasional. Juara Lomba Desa dan Kelurahan adalah desa dan kelurahan yang memperoleh nilai dan rangking tertinggi dari akumulasi penilaian.

Dalam penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan, tidak menutup kemungkinan desa dan kelurahan yang pernah menjadi juara dapat mempertahankan kejuaraannya pada tahun berikutnya apabila desa/kelurahan tersebut mampu meningkatkan kinerjanya secara lebih baik lagi.

Roos juga, menyampaikan harapan agar Desa dan Kelurahan yang saat ini sedang dinilai dalam lomba dapat menjadi contoh dan tauladan bagi desa/kelurahan lain yang ada di Maluku.

Sementara kepada Pemerintah Daerah pihaknya berharap agar secara terus menerus dan berkelanjutan melakukan pembinaan kepada desa dan kelurahan yang ada di wilayahnya, sehingga menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *