Disperindag Pastikan Stok Beras di Ambon Aman

harga beras di ambon maluku

Ambon – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon memastikan stok beras di Ambon aman.

Kadis Perindag Kota Ambon, Pieter Leuwol mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir, karena pemerintah telah menetapkan HET beras terhitung 1 September 2017.

Dengan ditetapkannya HET beras ini, maka pedagang harus menjual beras medium dan premium sesuai dengan HET. Untuk Maluku, ditetapkan beras medium harganya Rp. 10.250 dan beras premium Rp. 13.600/Kg.

Dikatakannya, seluruh distributor beras yang terdaftar oleh pemerintah dilakukan pengecekan ketersedian stok beras di setiap gudang dan dipastikan aman karena mencukupi kebutuhan masyarakat untuk beberapa waktu ke depan.

Kepastian dari para distributor menjadi alasan bahwa stok beras aman untuk pemberlakukan HET, maka yang perlu diintensifkan adalah pengawasan.

Karena itu, para pedagang diimbau untuk tidak menjual beras diluar HET yang telah ditetapkan. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan untuk implementasi kebijakan tersebut.

Pengawasan tidak hanya dilakukan di ritel modern, tetapi juga di pasar tradisional dan pedagang eceran. Menurut  Leuwol, pengawasan ritel moderen jauh lebih mudah karena kesadaran pemilik retail relatif lebih baik.

Ia menyatakan pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya penetapan HET beras di kota Ambon. Jika penetapan HET resmi diberlakukan namun ada pedagang yang bandel, maka masyarakat bisa langsung melaporkan ke petugas Disperindag kota Ambon.

Disperindag kota Ambon tidak miliki kewenangan untuk menindak para pedagang karena kewenangan hanya sebatas mengawasi ketersediaan stok. Karena itu ia meminta masyaakat untuk ikut mengawasi harga beras di tingkat pedagang.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan HET untuk beras medium dan beras premium wilayah Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi sebesar Rp9.450/Kg dan Rp12.800/Kg.

Harga Berlaku Serentak

Untuk wilayah Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera HET beras medium ditetapkan sebesar Rp9.950/Kg dan beras premium Rp13.300/Kg.

Sedangkan untuk Papua dan Maluku sebesar Rp10.250/Kg untuk beras medium dan Rp13.600 /Kg untuk beras premium. Harga tersebut efektif berlaku serentak di seluruh Indonesia pada 1 September 2017. (DMS-Antara)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *