DPRD Kota Ambon Minta Pelabuhan Batu Merah Difungsikan

Ambon-DPRD Kota Ambon, melalui Komisi III meminta kepada pihak Kementerian Perhubungan Laut agar pelabuhan rakyat Batu Merah yang terletak di kawasan Pantai Mardika segera difungsikan. Demikian dikatakan Ketua Komisi III Rofik Afifudin.

Dia mengatakan, Komisi III meminta ada kebijakan dari Pemerintah Pusat lewat Kementerian Perhubungan untuk memberikan kewenangan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mengelolanya sambil menunggu proses selanjutnya.

Ditanya pada saat pertemuan Komisi III DPRD Kota Ambon dengan KSOP Ambon kenapa tidak menanyakan nama pelabuhan yang diganti namanya dari pelabuhan rakyat Batu Merah menjadi Enrico, Rofik Afifudin mengatakan, tidak perlu dipertanyakan lagi saat itu sebab memang nama proyek yang ada dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Kementerian Perhubungan itu yakni pelabuhan rakyat Batu Merah.

Rofik menjelaskan, pencantuman nama pelabuhan Enrico ini juga pada saat Pemkot Ambon melakukan kerja sama memorandum Of Understanding (MOU) dengan pihak KSOP Ambon lalu merasa bahwa sudah menjadi tanggungjawab Kota Ambon lalu Wali Kota Ambon memberikan nama pelabuhan yakni Enrico, yang menurut informasi orang yang menemukan Pulau Ambon.

Karena itu, lanjutnya, DPRD juga tetap mempertahankan nama pelabuhan rakyat Batu Merah sebab pelabuhan tersebut juga berada di kawasan Desa Batu Merah.(Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *