DPRD Maluku Minta Kabupaten Kota Proaktif Lunasi Tunggakan Raskin

Ambon-Ketua Komisi B DPRD Maluku Adulah Marasabessy meminta seluruh kabupaten Kota di Maluku untuk pro aktif melunasi tunggakan raskin yang selama ini belum dibayarkan kepada Perum Bulog Divre Maluku-Maluku Utara.

Menurut Marasabessy, berlarutnya pelunasan pembayaran raskin akan sangat berdampak terhadap penyaluran raskin ke berbagai daerah kabupaten di Maluku, mengingat tunggakan raskin untuk Perum Bulog Maluku cukup besar.

Komisi B melakukan rapat kerja dengan Perum Bulog Divre Maluku dan Maluku Utara terungkap tunggakan raskin di beberpa Kabupaten cukup tinggi dan hingga akhir tahun ini belum ada yang dilunasi, oleh karena itu dia berharap persoalan tunggakan menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten setempat.

Marasabessy juga memberi apresiasi terhadap kinerja Perum Bulog Maluku-Maluku Utara yang selalu sigap  menyiapkan stok kebutuhan pokok menghadapi hari raya keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru maupun Idul Fitri.

Dari hasil pemaparan Perum Bulog menurutnya, stok kebutuhan seperti beras gula dan lain, cukup tersedia hingga titik aman di bulan Febrari 2018 mendatang. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu kwatir karena stok yang ada cukup tersedia hingga awal tahun 2018.

Marasabessy juga meminta kepada Bulog, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota untuk rutin memantau lonjakan harga dipasar terutama menjelang hari Natal dan Tahun Baru, mengingat pada momen hari raya keagamaan biasanya terjadi spkulasi harga baik oleh para distributor maupun pedagang.

Sementara itu Kepala Divisi Regional Bulog Divre Maluku dan Maluku Utara Mahmud Arif Hentihu, usai rapat kerja dengan Komisi B DPRD Maluku di gedung rakyat karang panjang Ambon mengakui,  stok beras di gudang Bulog Maluku di Kota Ambon baik itu di gudang Air Salobar, gudang Galala, dan Gudang Desa Tulehu itu sebanyak 2.500 ton,.

Selain stok yang tersedia, pertengahan Desember Bulog Maluku dan Maluku Utara juga kedatangan sebanyak 5000 ton sehingga stok nantinya tersedia sebanyak 7000 ton.DMS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *