Equinox 23 September, Warga Ambon Diminta Tidak Khawatir

Ambon-Masyarakat Kota Ambon dan Maluku diimbau untuk tidak khwatir dengan fenomena equinox, karena merupakan fenomena rutin bersifat alami dan terjadi dua kali dalam setahun.

Berdasarkan release yang diterima dari BMKG Stasiun Pattimura Ambon menyebutkan, fenomena equinox secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 21-22 Maret dan 22-23 September.

Equinox ialah gerak semu matahari yang berada tepat di atas garis Khatulistiwa. Fenomena ini disebabkan pergerakan bumi pada porosnya atau rotasi bumi dan evolusi (pergerakan) bumi terhadap matahari.

Saat fenomena ini berlangsung  durasi siang dan malam diseluruh bagian bumi relatif hamper sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan

Fenomena ini tidak berelasi langsung dengan meningkatnya suhu di bumi atau membuat suhu di bumi langsung tinggi.

Equinox bukan merupakan fenomena gelombang panas (Heat Wave) seperti yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah, yang dapat mengakibatakan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama

Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak banyak beraktivitas di luar rumah/di luar ruangan karena suhu yang panas.

Fenomena ini juga tak membahayakan tubuh. Hanya, saja  masyarakat diminta sebaiknya  mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga kondisi tubuh. Sebab, equinox menjadi penanda pergantian musim, terutama di daerah tropis.

Untuk wilayah Maluku menurut data BMKG tidak ada dampak  signifikan dari fenomena equinox. Dari pantauan BMKG di 13 daerah pengamatan yang ada di wilayah Maluku, suhu udara masih normal yaitu berkisar antara  23-31° C.

Khusus untuk Pulau Ambon suhu udara berkisar antara 24-30°C dan termasuk dalam kategori normal.DMS

BMKG Stasiun Pattimura Imbau Warga Waspadai Cuaca

BMKG Pattimura Ambon Himbau Warga Waspadai Cuaca Tiga Hari Mendatang

BMKG Pattimura Ambon Himbau Warga Waspadai Cuaca Ektrim 24 Jam Mendatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *