Saturday 24th February 2018

F-PKS: Pemerintah Harus Konsisten Bangun Akses Jalan

By: On:

Ambon – Fraksi PKS DPRD Maluku mengingatkan pemerintah daerah agar konsisten dan berkelanjutan melaksanakan program pembangunan dan peningkatan akses jalan ke daerah terisolasi.

Juru bicara Fraksi-PKS DPRD Maluku Ridwan Elys mencontohkan, pada anggaran tahun 2015 misalnya dilakukan kegiatan pembangunan jalan sirtu pada ruas jalan menuju Kecamatan Mako hingga sekitar Kecamatan Kayeli dan Kota Namrole menuju kecamatan Leksula di Kabupaten Buru.

Namun, pada anggaran tahun 2016 tidak ada peningkatan ruas jalan tersebut ke jalan hotmix, sehingga ruas jalan yang telah dibuka ini kembali mengalami kerusakan parah.

Hal yang sama juga terjadi pada penggusuran jalan lingkar Kesui di tahun anggaran 2015 tetapi pada tahun 2016 tidak dilanjutkan kembali dengan kegiatan pengaspalan sehingga berakibat jalan tersebut rusak dan ditumbuhi pepohonan.

Harusnya kekurangan belanja pada pos Belanja Jalan, Irigasi dan Jaringan yang mencapai Rp41.991 miliar, jika dialokasikan untuk peningkatan ruas jalan di atas, maka akses ke daerah terisolasi akan lebih mudah.

Ruas-ruas jalan utama seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperlancar akses transportasi darat sehingga dapat membuka daerah terisolasi dan membawa dampak lebih positif bagi peningkatan perekonomian rakyat.

Fraksi PKS juga meminta agar pelaksanaan program rehablitasi pembangunan Jembatan Faer di Kota Tual perlu segera dilanjutkan kembali.

program pembangunan akses jalan dan jembatan

Sama halnya juga dengan program pembangunan jembatan Mamua kecamatan Leihitu, (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah, serta jembatan kali Waiela di Negeri Lima kecamatan Leihitu dan jembatan Mahukau di Kecamatan Tehoru.

Pemerintah daerah juga diminta memperhatikan program pembangunan akses jalan dan jembatan dari desa Loki menuju Desa Ketapang Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB karena akses jalan dan jembatan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. (DMS-Antara)




No Responses

Tinggalkan Balasan

Contact Person WhatsApp us