Gasira Gelar Workshop Journalist Empowerment

Ambon-Ketua lembaga kajian dan advokasi pemberdayaan perempuan Maluku (Gasira), Lies Mailoa Marantika mengatakan, semakin banyak jurnalis perempuan yang hadir di kota Ambon maupun di Maluku dengan berbagai persoalan terkait gender yang dialami maka sebagai lembaga kajian dan advokasi pemberdayaan perempuan, Gasira menggelar  juurnalist empowerment workshop.

Diakuinya, workshop tersebut merupakan sarana berbagi informasi, wadah penyegaran dan meningkatkan kapasitas jurnalis perempuan dalam  kaitan dengan isu gender tersebut.

Dijelaskan pemberitaan tentang perempuan di kawasan timur masih melekat dengan hal negatif seperti kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan bahkan media cenderung memberitakan kekerasan dan pelecehan dari kaca media  terkait topik kekerasan daripada peran yang positif guna kesetaraan dan pemberdayaan perempuan.

Oleh sebab itulah maka Gasira lanjutnya memiliki peran untuk mendorong agar jurnalis dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman baru terhadap media dan pemberitaan sebagai wahana pemberdayaan perempuan, kemudian meningkatkan pemahaman jurnalis perempuan untuk mengambil bagian dari pemberdayaan perempuan  dalam setiap pemberitaan serta mendorong pemberitaan berimbang dan positif terkait dengan isu kekerasan dan pelecehan yang marak terjadi terhadap kaum perempuan. Bahkan selain itu kesempatan untuk membangun jaringan dengan para jurnalis  senior yang ada.

Dengan adanya workshop tersebut juga diharapkan jurnalis perempuan di Ambon dan di Maluku semakin terkonsolidasi serta memiliki referensi network yang baik sehingga mampu melakukan performance dalam penulisan dalam banyak persoalan yang kompleks.

Sementara itu workshop dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 25-26 Januari 2016 bertempat di hotel Marina serta menghadirkan para narasumber diantaranya jurnalis perempuan senior dari kompas, Maria Hartiningsih, jurnalis senior dari bisnis Indonesia, Linda Tangdialla serta Jerome Wiirawan dari radio BBC Inggris.DMS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *