Gereja di Ambon Dipadati Umat Ibadah Tahun Baru

Ambon-Ribuan umat Kristriani memadati gedung-gedung gereja dan katedral di Kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku untuk mengikuti ibadah persiapan jelang perayaan malam tahun baru, Kamis petang hingga malam hari.

Dari hasil pemantauan, seluruh gedung gereja dan katedral tampak disesaki umat yang datang untuk beribadah hingga ke luar gedung.

Kendati pihak pengelola gereja telah menyediakan tenda dan kursi tambahan serta membagi jadwal ibadah menjadi dua hingga tiga kali, tetapi tidak mampu menampung banyaknya umat yang datang untuk mengikuti ibadah.

Sebagian besar umat rela mengikuti jalannya ibadah yang berlangsung khusuk dan lancar, walau pun harus berdiri berjam-jam selama prosesi liturgi berlangsung.

Pada sebagian gereja juga dipasangi televisi monitor maupun layar lebar guna mempermudah umat yang berada di luar gedung dapat mengikuti jalannya ibadah dengan baik.

Sebagian tempat ibadah terutama yang letaknya dekat dengan ruas jalan utama, dijaga puluhan personil TNI dan Polri.

Aparat TNI dan Polri juga ikut membantu mengatur arus lalu lintas di ruas jalan depan gedung gereja, termasuk mengatur kendaraan milik umat yang datang untuk beribadah.

Aparat keamanan yang beragama Kristiani juga terlihat ikut berbaur mengikuti ibadah persiapan menyambut tahun baru, kendati sesekali harus keluar untuk membantu sesama aparat mengatur jalannya ibadah agar berjalan lancar.

Sebelumnya pada pagi hingga petang tim Gegana Brimob Polda Maluku dan Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease melakukan sterilisasi di sejumlah gereja dan Kathedral di Kota Ambon yang akan digunakan umat Kristiani untuk ibadah persiapan Tahun Baru 2016.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Komaruz Zaman langsung memantau ibadah persiapan menyambut Tahun Baru 2016 di beberapa Gereja diantaranya Gereja Maranatha dan Kathedral Santo Franciscus Xaverius di jalan Pattimura.

Dua gedung ibadah terbesar umat Nasrani dan Katholik tersebut tampak disesaki warga yang datang untuk beribadah.

Kapolres mengakui, prosesi ibadah menyambut perayaan pergantian tahun di berbagai tempat berjalan aman dan lancar.

 

Dia mengakui sterilisasi yang telah dilakukan pada pagi hingga sore hari guna memastikan lokasi-lokasi gereja aman dari benda-benda mencurigakan dan dapat mengganggu ibadah persiapan yang dilakukan umat Kristiani.

Berdasarkan pantauan sebagian umat Muslim juga mendatangi masjid dan Mushola untuk melakukan zikir menyambut tahun baru 2016.(Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *